Heboh Ancaman Gempa Megathrust di Indonesia, Ini Penjelasan Terbaru Pusat Gempa Bumi

Kamis 15-08-2024,20:49 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Purnama Sakti

"Terkait rilis gempa di Selat Sunda dan Mentawai-Siberut, “tinggal menunggu waktu” yang kami sampaikan sebelumnya, hal ini dikarenakan kedua wilayah tersebut sudah ratusan tahun belum terjadi gempa besar, tetapi bukan berarti segera akan terjadi gempa dalam waktu dekat. Dikatakan “tinggal menunggu waktu” disebabkan karena segmen-segmen sumber gempa di sekitarnya sudah rilis gempa besar semua, sementara Selat Sunda dan Mentawai-Siberut hingga saat ini belum terjadi," ujar Daryono.

Hingga saat ini belum ada ilmu pengetahuan dan teknologi yang dengan tepat dan akurat mampu memprediksi terjadinya gempa (kapan, dimana, dan berapa kekuatannya), sehingga kita semua juga tidak tahu kapan gempa akan terjadi, sekalipun tahu potensinya. 

BACA JUGA:OPPO Reno11 F 5G Harga Terbaru, Tersedia 3 Varian Warna

Informasi potensi gempa megathrust yang berkembang saat ini sama sekali bukanlah prediksi atau peringatan dini, sehingga jangan dimaknai secara keliru, seolah akan terjadi dalam waktu dekat. 

BMKG menghimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan beraktivitas normal seperti biasa, seperti melaut, berdagang, dan berwisata di pantai.

BMKG selalu siap memberikan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami dengan cepat dan akurat.

Demikian penjelasan tentang heboh kabar ancaman megathrust di Indonesia. Semoga bermanfaat.

 

Putri Nurhidayati

Kategori :