Ada Ancaman Megathrust, Ini Daftar Gempa Besar yang Pernah Terjadi Indonesia, Pernah dengan Magnitudo 9,3

Jumat 16-08-2024,10:19 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Purnama Sakti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ada ancaman megathrust, ini daftar gempa besar yang pernah terjadi Indonesia, pernah dengan magnitudo 9,3.

Ancaman megathrust untuk Indonesia benar-benar menjadi perhatian masyarakat. Kekhawatiran bakal terjadinya gempa besar selalu membayangi masyarakat Indonesia.

Dalam faktanya, gempa bumi dengan kekuatan besar sudah beberapa kali terjadi di Indonesia. Selain kerusakan bangunan, bencana alam ini juga mengakibatkan korban jiwa dalam jumlah yang sangat banyak.

BACA JUGA:Ini Daftar Wilayah Megathrust yang Mengancam Indonesia, Potensi Gempanya Bisa Mencapai Magnitudo 9,2

Untuk diingat dan dijadikan pelajaran, berikut ini beberapa gempa bumi dengan kekuatan besar yang pernah terjadi di Indonesia.

Gempa bumi merupakan peristiwa alam yang mengguncang permukaan bumi dan seringkali menimbulkan kerusakan besar pada wilayah yang terdampak. 

Di Indonesia, gempa bumi adalah fenomena yang umum terjadi, terutama karena negara ini terletak di Zona Gempa Pasifik yang aktif.

Beberapa gempa bumi terbesar di Indonesia seringkali diikuti oleh tsunami yang menghancurkan wilayah pesisir dan menimbulkan korban jiwa yang besar. 

BACA JUGA:Jika Terjadi Megathrust di Indonesia, Provinsi Mana yang Berisiko Terdampak?

Letak geografis Indonesia yang berada di antara beberapa lempeng tektonik yang saling bergerak, menjadikan Indonesia rentan terhadap gempa bumi.

Faktor utama yang menyebabkan gempa bumi adalah aktivitas tektonik, di mana lempeng-lempeng bumi saling bergerak dan menyebabkan gesekan. 

Ketika tekanan yang terakumulasi mencapai titik puncaknya, energi dilepaskan dalam bentuk gempa bumi yang dapat dirasakan secara kuat.

Hingga saat ini, Indonesia telah mengalami berbagai macam gempa sepanjang sejarahnya, mulai dari gempa kecil yang hampir tidak terasa hingga gempa besar dengan magnitudo yang sangat tinggi.

BACA JUGA:Ancaman Megathrust di DKI Jakarta, Sudah Diamati Ahli Sejak 20 Tahun Lalu, Kekuatannya Bisa 8,7 SR

1. Gempa Aceh (2004)

Kategori :