Ada Ancaman Megathrust, Ini Daftar Gempa Besar yang Pernah Terjadi Indonesia, Pernah dengan Magnitudo 9,3

Jumat 16-08-2024,10:19 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Purnama Sakti

Pemerintah dan masyarakat perlu terus meningkatkan kesiapsiagaan dan mitigasi risiko untuk mengurangi kerugian akibat gempa bumi di masa depan.

Seperti diketahui isu Indonesia yang berpotensi dilanda gempa dahsyat kembali mencuat setelah Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kembali mengeluarkan peringatan akan potensi terjadinya gempa besar di Indonesia.

BMKG juga kembali mengeluarkan peringatan tersebut setelah gempa yang terjadi di Jepang pada Kamis (8/8/2024) lalu di pulau utama paling selatan, Kyushu.

Gempa megathrust adalah gempa bumi yang sangat besar yang terjadi di zona subduksi, wilayah tempat salah satu lempeng tektonik bumi terdorong di bawah lempeng lainnya.

BACA JUGA:OPPO Reno11 F 5G Harga Terbaru, Tersedia 3 Varian Warna

Kedua lempeng biasanya terus bergerak mendekati satu sama lain, tetapi menjadi "terjebak" di tempat mereka bersentuhan. 

Akhirnya, penumpukan regangan melebihi gesekan antara kedua lempeng dan gempa megathrust yang besar terjadi.

Adapun contoh wilayah di luar Indonesia yang pernah dilanda gempa megathrust yakni gempa bumi Cascadia terakhir diperkirakan berkekuatan hingga 9 dan gempa bumi megathrust di Chili pada 1960 berkekuatan 9,5, dan gempa bumi di Alaska pada 1964 berkekuatan 9,2.

Waktu pengulangan bervariasi dari zona subduksi ke zona subduksi. Di zona subduksi Cascadia, 13 peristiwa megathrust telah diidentifikasi dalam 6000 tahun terakhir, rata-rata satu setiap 500 hingga 600 tahun.

Namun, peristiwa tersebut tidak terjadi secara teratur. Beberapa terjadi dalam jarak dekat hingga 200 tahun dan beberapa terjadi dalam jarak jauh hingga 800 tahun. Yang terakhir terjadi 300 tahun yang lalu.

Gerakan dorong gempa bumi megathrust menyebabkan gerakan vertikal yang besar di dasar laut. Ini dapat memindahkan sejumlah besar air yang bergerak menjauh dari gerakan bawah laut sebagai tsunami.

BACA JUGA:POCO F4 Dilengkapi dengan Fast Charging Turbo 67Watt, Segini Harga Terbarunya!

Tahun lalu, para peneliti melaporkan bahwa apabila gempa besar terjadi di megathrust Nankai, kemungkinan terjadinya gempa besar lainnya di dekatnya dalam kurun waktu seminggu akan meningkat menjadi sekitar 2,1% hingga 77%, atau menjadi 100 hingga 3.600 kali lebih besar dari biasanya, demikian dikutip dari ScienceNews.

Ini Wilayah yang Berpotensi dan Sudah Pernah Dilanda Gempa Megathrust

Di Indonesia, ada beberapa wilayah yang perlu diwaspadai, di mana BMKG saat ini tengah memantau wilayah tersebut karena ada potensi dilanda gempa yang cukup besar.

Adapun wilayah tersebut yakni segmen Megathrust Mentawai-Suberut dan Megathrust Selat Sunda, di mana keduanya terakhir mengalami gempa lebih dari ratusan tahun lalu.

Kategori :