Kenapa Ikan Bisa Mengandung Merkuri dan Cara Mencegah Efek Buruk Akibat Merkuri

Jumat 16-08-2024,18:02 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Agus Faizar

3. Efek Reproduksi

Bahaya ikan tercemar merkuri yang dikonsumsi oleh manusia juga bisa menimbulkan risiko pada sistem reproduksi. Ini bisa menyebabkan berkurangnya jumlah sperma atau penurunan kesuburan. 

Selain itu, merkuri juga bisa berbahaya pada janin yang ada di dalam kandungan. Bahaya merkuri pada ibu hamil dan janin bisa menyebabkan beberapa gangguan, seperti gangguan perkembangan otak janin, gangguan sistem saraf pusat, dan gangguan fungsi kognitif. 

BACA JUGA:2 Pemuda Pendopo Spesialis Curanmor di Pasar Kepahiang Diringkus Polisi

4. Risiko Kardiovaskular

Paparan merkuri bisa meningkatkan radikal bebas dalam tubuh yang memicu terjadinya kerusakan sel. Hal tersebut tentu dapat meningkatkan risiko terjadinya masalah pada jantung, seperti serangan jantung dan penyakit jantung koroner. 

BACA JUGA:Simak, Ini 10 Jenis Ikan Mengandung Merkuri, Hindari untuk Cegah Penyakit

Jenis Ikan Bermerkuri

Tidak semua ikan mengandung merkuri, tergantung usia dan jenis makanan ikan tersebut. Nah, apa saja jenis ikan yang berpotensi mengandung kadar merkuri yang tinggi?

1. Ikan Tuna Mata Besar atau Big Eye Tuna (0.689 ppm)

Ikan ini memiliki tubuh yang memanjang dan kekar, mirip torpedo, dengan ukuran yang bisa mencapai 236 sentimeter. Rasa dagingnya mirip dengan tuna lainnya, namun kandungan merkurinya yang tinggi membuat ikan ini disarankan untuk dihindari.

BACA JUGA: Yamaha NMAX Ringsek Hantam Suzuki Katana di Seluma, Mahasiswi Asal Seginim Dilarikan ke Rumah Sakit

2. Ikan Baramundi atau Bass (0.167 ppm)

kan ini tersebar luas di wilayah Hindi-Pasifik Barat, mulai dari Asia Tenggara hingga Papua Nugini. Meski masuk dalam kategori ikan dengan kandungan merkuri sedang, konsumsi tetap perlu diperhatikan.

BACA JUGA:Sebelum Konsumsi, Kenali Ciri-ciri Ikan yang Mengandung Merkuri, Penting untuk Kesehatan

3. Lobster (0,166 ppm)

Kategori :