Tahu dan Tempe Tak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat? Ini Jawaban dr Zaidul Akbar

Minggu 18-08-2024,21:20 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Tahu dan tempe tak boleh dimakan penderita asam-urat? Ini jawaban dr Zaidul Akbar.

Asam urat merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh masyarakat Indonesia. Kondisi ini terjadi ketika kadar asam urat dalam tubuh meningkat, dan dapat menyebabkan berbagai gejala yang tidak nyaman seperti nyeri sendi, peradangan, dan pembengkakan. 

BACA JUGA:Ini Jenis Kopi yang Bagus Dikonsumsi, Bantu Turunkan Risiko Asam Urat

Sebenarnya asam urat memiliki peran yang penting sebagai anti oksidan sehingga kadarnya harus tetap di jaga dalam batasan yang normal. 

Penderita asam urat sering kali diharuskan untuk menghindari beberapa jenis makanan dan minuman tertentu agar gejalanya tidak semakin parah.

Namun, ada anggapan kalau tahu dan tempe tak boleh dimakan penderita asam urat? Ini jawaban dr Zaidul Akbar.

BACA JUGA:Resep Herbal Atasi Asam Urat, Ala Dr Zaidul Akbar, Solusi Efektif yang Bisa Dicoba

Menurut dr Zaidul Akbar, tahu dan tempe memang memiliki kandungan asam, namun dalam memandangnya jangan melihat dari satu sisi saja.

Seperti diketahui, dr Zaidul Akbar mengatakan jika asam urat juga disebabkan karena di dalam tubuh seseorang mengandung acid atau asam yang terlalu banyak.

Melalui cuplikan salah satu video, seorang jemaah bertanya kepada dr Zaidul Akbar mengenai kabar yang menyebut jika penderita asam urat tak boleh makan tahu, tempe, dan kacang-kacangan.

“Benarkah tahu, tempe, dan kacang-kacangan tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat?” tanya jemaah kepada dr Zaidul Akbar.

Sebelumnya, memang banyak anggapan liar yang menyebut kalau mengonsumsi tahu, tempe, hingga kacang-kacangan dapat memicu asam urat.

BACA JUGA:Aman Dikonsumsi, Ini Manfaat Kacang Mete untuk Penderita Asam Urat namun Harus Tahu Cara Konsumsinya

Hal inilah yang membuat salah satu jemaah menanyakan langsung kepada dr Zaidul Akbar apakah benar penderita asam urat dilarang makan tempe, tahu, dan kacang-kacangan.

Pendakwah tersebut kemudian menganalogikan dengan konsumsi kunyit yang mengandung kurkuminoid atau kurkumin.

Kategori :