Tahu dan Tempe Tak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat? Ini Jawaban dr Zaidul Akbar

Minggu 18-08-2024,21:20 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

“Kunyit itu ada kandungan kurkumin atau kurkuminoid, tapi bukan hanya kurkumin,” katanya.

Kemudian, dr Zaidul Akbar mengungkapkan jika asam urat bukan serta merta berasal dari makanan, tapi juga ada di ketidakseimbangan pencernaan seseorang.

“Atau bisa juga bahan-bahan tertentu yang menyebabkan orang itu tinggi asam uratnya,” jelas dr Zaidul Akbar di kanal YouTube-nya.

BACA JUGA:Tak hanya Lezat, Ternyata Bayam juga Bermanfaat untuk Asam Urat

Beliau mencontohkan hal itu dengan seseorang yang sehari-hari makan tempe, namun caranya ialah digoreng dengan minyak.

Katanya, bukan salah pada kandungan tempenya, namun bisa saja yang jadi pemicunya ialah mengonsumsi makanan yang diolah dengan minyak goreng.

“Tapi kalau Anda makan tempe seperti yang pernah saya ajarkan. Tempe yaudah di blender aja mah, tempe mentah bahasa kita, meskipun gak mentah gitu kan,” terangnya.

Praktisi kesehatan dr Zaidul Akbar lantas menganjurkan agar konsumsi tempe dengan mencampurkannya bersama madu, kurma, dan sedikit jahe yang baik untuk tubuh asal tak berlebihan.

BACA JUGA:Manfaat Daun Pandan Untuk Turunkan Asam Urat, Begini Cara Mengolahnya

“Kacang-kacangan justru sejatinya dia malah sangat baik. Kayak kacang almond kayak begini ya setahu saya. Pengalaman saya pribadi gak sampai menyebabkan asam urat,” ujarnya.

Malah menurutnya, faktor yang bisa saja memicu asam urat yaitu saat mengonsumsi kacang tanah atau jenis kacang-kacangan yang digoreng.

“Kacang-kacang yang digoreng kan asam. Tepung-tepung yang digoreng. Tepungnya saja sudah asam sebenarnya,” pungkas dr Zaidul Akbar. 

Meski masih bisa ditolerir, dr Zaidul Akbar berpesan agar jika seseorang dalam kondisi asam urat yang tinggi, sebaiknya jangan makan tahu atau tempe dahulu.

BACA JUGA:Begini Cara Merebus Daun Salam untuk Obat Asam Urat dan Kolesterol, Dijamin Ampuh!

Ia menganjurkan agar menggantinya dengan konsumsi bahan-bahan yang lebih sehat seperti minum air putih atau konsumsi rimpang hangat seperti jahe, kapulaga, sereh, lengkuas bahkan berpuasa.

Jenis Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Dihindari Pendrita Asam Urat

Kategori :