BMKG juga Buka Penerimaan CPNS 2024, Ini Formasi, Syarat dan Cara Daftarnya

Selasa 20-08-2024,20:02 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Purnama Sakti

Cara Daftar CPNS 2024

1. Seluruh dokumen tersebut di-scan dalam format .jpg dengan kapasitas yang tidak melebihi 300 kb. 

2. Jika dokumen tersebut memiliki jumlah halaman yang lebih dari satu halaman, maka semua halaman tersebut harus disatukan dalam satu foto. 

3. Setelah menyiapkan dokumen persyaratan yang sudah disebutkan di atas, maka tata cara pendaftaran CPNS Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang selanjutnya adalah melakukan pendaftaran seleksi CPNS secara online melalui situs SSCASN (Sistem Seleksi CPNS Nasional) yang berada di bawah naungan BKN. Alamat situs bisa diakses melalui sscasn.scn.go.id. 

4. Kemudian, cara pendaftaran CPNS Badan Meteorologi, Klimatologi & Geofisika yang selanjutnya adalah dengan membuat akun SSCASN menggunakan NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang tertera pada KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan KK (Kartu Keluarga). 

5. Setelah membuat akun SSCASN, maka lakukan login ke akun SSCASN menggunakan NIK pada KTP dan password yang sebelumnya telah dibuat.

BACA JUGA:Viral di Media Sosial, Begini Nasib Pelaku Pencekik dan Banting Pacar di Lift

6. Langkah pertama setelah berhasil login ke akun SSCASN adalah melengkapi data diri yang tertera pada situs.

Data diri yang perlu dilengkapi meliputi nama sesuai dengan KTP dan ijazah, tempat tanggal lahir yang harus sesuai dengan KTP dan ijazah, alamat rumah, nomor HP, alamat email, pendidikan terakhir, dan IPK. 

7. Kemudian, pilihlah formasi yang diinginkan sesuai dengan jurusan kuliah. Setelah semua data dri telah dilengkapi maka lakukan pengunggahan dokumen yang sudah disiapkan di atas. 

8. Begitu seluruh dokumen sudah diunggah maka langkah terakhir yang harus dilakukan adalah mencetak tanda bukti sudah mendaftar CPNS BMKG.

Begitu seluruh cara pendaftaran CPNS Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika telah dilakukan maka tunggulah pengumuman hasil seleksi. 

Hasil seleksi CPNS BMKG yang pertama adalah hasil seleksi administrasi untuk mengetahui semua persyaratan telah dipenuhi atau tidak. 

Setelah lulus seleksi administrasi, maka pelamar CPNS BMKG akan mengikuti tes kompetensi dasar untuk mengukur kemampuan dari pelamar tersebut.

BACA JUGA:Profil dan Harta Kekayaan Angga Raka Prabowo, Politikus Gerindra yang Baru Dilantik Jadi Wakil Menteri Kominfo

Jika pelamar CPNS BMKG lolos tes kompetensi dasar maka bisa mengikuti tahap seleksi yang selanjutnya yaitu wawancara.

Kategori :