Daftar 5 Kementerian yang Buka Lowongan CPNS 2024, Gajinya Bisa Tembus Ratusan Juta

Jumat 23-08-2024,09:35 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

Dalam memilih jabatan yang hendak dilamar di suatu kementerian/lembaga, sebaiknya pilihlah jabatan yang sesuai dengan kualifikasi pendidikan dan membutuhkan lebih dari satu orang.

Hal ini adalah sebuah strategi agar peluang diterima menjadi CPNS menjadi lebih besar, mengingat satu jabatan bisa diperebutkan oleh ratusan hingga ribuan orang.

Semakin besar jumlah yang dibutuhkan dalam sebuah jabatan, semakin besar pula peluang untuk menjadi CPNS.

BACA JUGA:Tragis! Sempat Dikabarkan Hilang, Bocah 6 Tahun Ditemukan Tewas Dalam Karung

2. Memenuhi hal-hal yang menjadi persyaratan seleksi

Untuk menjadi CPNS, tahap seleksi yang harus dilalui cukup panjang. Ada seleksi administrasi, SKD, SKB maupun seleksi-seleksi lain yang dipersyaratkan suatu kementerian/lembaga.

Dalam setiap tahapan seleksi, diperlukan kecermatan untuk membaca dan memenuhi setiap persyaratannya.

Prinsipnya, berusaha untuk memenuhi setiap hal yang diminta dalam seleksi. Ketika seleksi administrasi jangan sampai terlupa mengirimkan berkas-berkas yang harus dipenuhi, baik secara daring maupun secara langsung (biasanya melalui pos).

Ketika mengikuti SKD dan SKB, berusaha untuk mematuhi aturan yang ditetapkan, seperti hadir tepat waktu, berpakaian sesuai ketentuan, dan tidak berbuat curang ketika seleksi.

BACA JUGA:Lowongan CPNS 2024 untuk Fresh Graduate, Ada 250.407 Formasi

3. Meluangkan waktu untuk mempersiapkan SKD dan SKB

Untuk mempersiapkan SKD dan SKB, hendaknya meluangkan waktu untuk mempelajari model-model soal seleksi secara mandiri. Model-model soal dapat dilihat di buku-buku tes CPNS dan internet.

Selain itu, strategi pengerjaan soal bisa dipelajari secara interaktif melalui berbagai kanal YouTube yang khusus membahas mengenai seleksi CPNS. Selain belajar secara mandiri, mengikuti bimbingan seleksi CPNS juga bisa menjadi pilihan untuk mempersiapkan diri.

4. Memperkuat ibadah dan doa

Agar usaha-usaha yang dilakukan diberkahi oleh Yang Maha Kuasa, jangan sampai terlupa untuk semakin memperkuat ibadah dan doa.

Lolos seleksi CPNS adalah rezeki dariNya sehingga sangat perlu untuk meminta kepada Yang Maha Memberikan Rezeki. Selain beribadah dan berdoa secara pribadi, sebaiknya juga meminta doa restu dari orang tua.

Kategori :