Ini Prioritas Kenaikan Gaji PNS Secara Bertahap di Tahun 2025, Berapa Besarannya?

Selasa 27-08-2024,09:11 WIB
Reporter : novan alqadri
Editor : ahmad afandi

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Ini prioritas kenaikan gaji-pns secara bertahap di tahun 2025, berapa besarannya? Berikut informasinya.

Keputusan kenaikan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada tahun 2025 mendatang masing menjadi tanda tanya.

Sebab, Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum mengumumkan keputusan kenaikan gaji PNS pada tahun depan saat penyampaian RAPBN 2025 dan Nota Keuangan pada 16 Agustus 2024 lalu.

BACA JUGA:7 Poin RAPBN 2025, Ada Soal Kenaikan Gaji PNS 2025 Hingga Proggram Makanan Bergizi

Padahal, keputusan kenaikan gaji di momen tersebut sangat dinanti-nantikan oleh pegawai negeri sipil.

Pasalnya, tahun lalu di waktu yang sama, Jokowi memutuskan kenaikan gaji pegawai negeri sipil pada tahun ini sebesar 8 persen.

Prioritas Kenaikan Gaji PNS Secara Bertahap di Tahun 2025

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan akan memprioritaskan anggaran pada pelaksanaan program-program unggulan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Salah satunya adalah kenaikan gaji aparatur sipil negara (ASN) yang akan dilakukan secara bertahap.

BACA JUGA:Berapa Persen Kenaikan Gaji PNS Tahun 2025? Akan Diumumkan Presiden Terpilih Prabowo Subianto

Suharso Monoarfa mengatakan pemerintah akan memprioritaskan peningkatan kesejahteraan ASN, khususnya pengajar, tenaga kesehatan (nakes), penyuluh, serta anggota TNI dan Polri.

"Kenaikan gaji aparatur sipil negara, terutama guru, dosen, tenaga kesehatan dan penyuluh, TNI, Kepolisian secara bertahap," ujar Suharso dalam konferensi pers di Kantor Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Jakarta, Jumat, 16 Agustus 2024.

Adapun kenaikan gaji ASN dan TNI/Polri ini merupakan salah satu program kerja Prabowo-Gibran. Menurut Presiden dan Wakil Presiden terpilih itu, gaji pelayan publik perlu ditingkatkan secara layak, karena mereka berada di sektor-sektor penting yang berdampak langsung pada masyarakat.

BACA JUGA:Intansi Pemerintah dengan Gaji PNS Tertinggi Capai Rp 117 Juta per Bulan, Dibuka 607 Formasi CPNS 2024

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sebelumnya mengatakan rencana kenaikan gaji pegawai negeri sipil (PNS) pada 2025 akan diumumkan oleh presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto. 

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto juga mengonfirmasi adanya rencana kenaikan gaji PNS pada tahun depan. “Iya, disesuaikan,” ucap Airlangga di Jakarta, Jumat, 19 Juli 2024, seperti dikutip dari Antara.

Kategori :