Viral! Wisudawan UI Tampil Beda, Bentangkan Poster ‘Peringatan Darurat’ saat Wisuda

Selasa 27-08-2024,09:40 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Viral! wisudawan UI tampil beda, bentangkan poster ‘Peringatan Darurat’ saat wisuda.

Viral, pemandangan berbeda terjadi saat Universitas Indonesia (UI) menggelar Upacara Wisuda Tahun Akademik Semester Genap 2023/2024, pada Sabtu (24/8/2024).

BACA JUGA:Ini 2 Tunjangan Uang Makan di Luar Gaji Pokok PNS Tahun 2025, Intip Besarannya

Adapun yang menjadi perhatian yakni wisudawan UI kompak beramai-ramai mengibarkan simbol Peringatan Darurat saat wisuda.

Para mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Politik (FISIP) tersebut ramai-ramai mencetak simbol Peringatan Darurat dan ditampilkan saat wisuda berlangsung.

Puluhan mahasiswa itu juga menyematkan tagar Kawal Putusan MK dan Demokrasi Dikebiri.
Bahkan seorang wisudawan nekat mengibarkan bendera biru 'Peringatan Darurat' di hadapan Rektor UI, Ari Kuncoro.

BACA JUGA:7 Poin RAPBN 2025, Ada Soal Kenaikan Gaji PNS 2025 Hingga Proggram Makanan Bergizi

Diketahui jika wisuda itu dibagi dalam dua sesi. Yaitu pada pukul 09.00 - 11.00 WIB dan sesi kedua pada 14.30 - 15.30 WIB. Sedangkan pada Minggu 25 Agustus 2024, wisuda juga dibagi dalam dua sesi yaitu pukul 09.00 - 11.00 WIB dan 14.30 - 15.30 WIB.

Dilansir dari Tribunnews.com, salah satu wisudawan yang mengibarkan Bendera Peringatan Darurat ialah Judhita Danuvanya. Aksi itu terjadi saat wisuda UI yang berlangsung pada hari Minggu (25/8/2024).

Juditha mengaku ia sempat berlatih lebih dulu di toilet. Dia putar otak agar bisa menyembunyikan bendera saat hendak mengambil toga.

"Awalnya aku latihan di toilet VIP Balairung lima menit sampai stres, kok ternyata susah banget."
"Aku selipin di lengan kiri gown, senyum lebih lebar pas jalan, so people just focus on your face (supaya orang hanya melihat wajah). Baru hadap kanan, langsung nekat," cuitnya.

BACA JUGA:Buntut Vonis Bebaskan Ronald Tannur, KY Rekomendasikan 3 Hakim Berhentikan, Ini Alasannya

Tak hanya itu, Juditha juga mengunggah video dirinya mengibarkan bendera 'Peringatan Darurat' di Instagram.

"Ini adalah hal yang setidaknya aku bisa lakukan karena aku memiliki platform untuk melakukannya di depan banyak orang! Tingkatkan kesadaran! #kawalputusanmk #wisuda #wisudaui," tulis Juditha di caption-nya, Senin (26/8/2024).

Akun yang turut mengunggah video aksi Juditha mengibarkan bendera 'Peringatan Darurat' di antaranya adalah akun X @sifa_fauzia dan @MSMujab22.

Kategori :