Peluang Besar, Ada 397 Formasi CPNS Bakamla 2024, Ini Rincian Gaji dan Persyaratannya

Selasa 27-08-2024,12:25 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

2. Pada saat pendaftaran secara daring melalui portal sebagaimana diatas, pelamar harus mengisi NIK pelamar dan Nomor Kartu Keluarga, tempat tanggal lahir, Nomor Handphone dan alamat email aktif, membuat password dan membuat jawaban pengaman lalu mengunggah pas foto terbaru (3 bulan terakhir) berlatar belakang merah (ukuran maksimal 500kb, tipe file jpg) dan cetak Kartu Informasi Akun.

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca BMKG, Hari Ini Prediksi ‘Pintu Neraka Terbuka’ di Surabaya, Segini Panasnya!

3. Setelah itu pelamar kembali login ke portal diatas menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan, kemudian pelamar:

a. Mengunggah foto diri pelamar (swafoto) sebagai bukti telah melakukan pendaftaran (foto minimal 120kb, maks 200kb, tipe file Jpg).
b. Memilih instansi Badan Keamanan Laut RI, jenis formasi dan jabatan yang sesuai dengan kualifikasi pendidikan pelamar.
c.  Melengkapi data dan form yang tersedia dan wajib mengunggah dokumen yang telah dipersyaratkan.
d. Apabila telah lengkap, pelamar dapat mencetak Kartu Pendaftaran SSCASN 2024.

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca BMKG, Hari Ini Prediksi ‘Pintu Neraka Terbuka’ di Surabaya, Segini Panasnya!

4. Pelamar mengunggah secara daring dokumen persyaratan hasil pindai (scan warna) yang terdiri dari:

a. Surat lamaran diketik yang ditujukan kepada Kepala Bakamla RI c.q. Ketua Panitia Seleksi CASN Bakamla RI Tahun 2024 yang sudah ditanda tangani dan dibubuhi e-meterai Rp.10.000,- (Format Terlampir).
b. Pas foto formal terbaru ukuran 4 x 6 cm berlatar belakang merah.
c. Scan asli Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau asli Surat Keterangan dari Dukcapil.
d. Ijazah asli atau bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri telah memperoleh surat keputusan penyetaraan ijazah dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan.
e. Transkrip nilai asli atau bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri melampirkan transkrip nilai dan surat keputusan hasil konversi nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan.
f. Sertifikat atau Tangkapan Layar (Screenshot) pada PDDIKTI / BAN-PT dari Akreditasi perguruan tinggi dan/atau program studi pada saat kelulusan pelamar yang dibuktikan dengan tanggal kelulusan yang tertulis pada ijazah.

BACA JUGA:Daftar Calon Gubernur, Berkas Helmi-Mian Langsung Dicek KPU, Ini Hasilnya

g. Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah yang menyatakan Sehat Jasmani dan Rohani dan Memiliki tinggi badan sekurang-kurangnya 160 cm untuk laki-laki, dan 150 cm untuk perempuan serta memiliki berat badan ideal.
h. Sertifikat tambahan sebagaimana tercantum pada kualifikasi pendidikan jabatan yang dilamar.
i. Khusus untuk pelamar formasi Cumlaude, Surat Keterangan/bukti lain yang menunjukan Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta yang terakreditasi A/Unggul dengan Program Studi A/Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) pada saat ijazah tersebut dikeluarkan.
j. Surat Pernyataan 5 poin menggunakan e-meterai Rp. 10.000,- (Format Terlampir).
k. Surat Pernyataan 12 poin menggunakan e-meterai Rp. 10.000,- (Format Terlampir).

BACA JUGA:BPOM Buka Pendaftaran PPPK 2024! Ini Besaran Gaji dan Syarat Pendaftarannya

5. Pembelian e-meterai RP. 10.000,- wajib melalui situs resmi pada tautan https://meterai-elektronik.com. Pembelian e-meterai Rp. 10.000 juga dapat dilakukan saat mau mengunggah dokumen di sscasn. Setiap 1 (satu) e-meterai Rp.10.000 hanya dapat digunakan pada 1 (satu) jenis dokumen. Adapun Video tutorial pembubuhan e-meterai Rp. 10.000,- dapat dilihat pada tautan https://bit.ly/TutorialVideoe-MeteraiSSCASN2023.

6. Waktu pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan pelamaran dimulai tanggal 20 Agustus s.d. 6 September 2024 melalui portal https://sscasn.bkn.go.id.

7. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dapat mencetak kartu peserta ujian secara daring melalui portal https://sscasn.bkn.go.id.

8. Pastikan seluruh dokumen yang diunggah sesuai dengan ketentuan dan dapat terbaca dengan jelas. Kesalahan dalam menggunggah dokumen ataupun unggahan dokumen tidak terbaca dengan jelas dapat mengakibatkan pelamar tidak lulus seleksi administrasi.

Demikian mengenai 397 formasi yang tersedia dalam seleksi CPNS Bakamla, gaji capai Rp 5 juta penuhi persyaratannya jika tertarik. Semoga bermanfaat.

Nutri Septiana

Kategori :