Cara Swafoto CPNS 2024 yang Benar, Pelamar Wajib Tahu

Selasa 27-08-2024,23:06 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Agus Faizar

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Begini cara Swafoto CPNS 2024 yang benar! pelamar wajib tahu.

Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 telah dimulai, dan salah satu tahapan penting dalam proses pendaftaran adalah swafoto atau berfoto selfie. 

Langkah ini menjadi bagian integral dari sistem seleksi yang diterapkan oleh pemerintah melalui portal SSCASN (Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara). 

Melalui artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap mengenai cara swafoto yang benar untuk pendaftaran CPNS 2024, sehingga pelamar dapat mengikuti prosedur dengan tepat dan meminimalisir kemungkinan kesalahan.

BACA JUGA:Dibuka 400 Formasi CPNS 2024 BP2MI, Rentang Gaji Mulai Rp 5-7 Juta, Simak Syarat yang Dibutuhkan

Pentingnya Swafoto dalam Pendaftaran CPNS

Swafoto merupakan salah satu dokumen penting yang harus diunggah saat mendaftar CPNS.

Tujuan dari swafoto ini adalah untuk memastikan bahwa identitas peserta yang mendaftar sesuai dengan dokumen identitas yang sudah diunggah, seperti KTP. 

Proses ini adalah bagian dari upaya pemerintah untuk menjaga integritas dan keabsahan data calon peserta CPNS.

Melalui swafoto, panitia seleksi dapat memverifikasi identitas pelamar secara visual dan memastikan bahwa tidak ada penyimpangan dalam proses pendaftaran.

BACA JUGA:Jangan Khawatir Gagal Seleksi Administrasi CPNS 2024, Ini Cara Tepat Mengajukan Sanggah dan Kalimat Sanggahan

Persiapan Sebelum Swafoto

Sebelum melakukan swafoto, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan untuk memastikan hasil foto sesuai dengan ketentuan yang berlaku:

1. Dokumen Identitas: Pastikan KTP dan STNK yang diperlukan sudah dipindai dan diunggah sebelumnya, karena swafoto akan digunakan untuk melengkapi proses pendaftaran.

2. Perangkat Foto: Gunakan perangkat dengan kamera berkualitas baik. Jika menggunakan komputer atau laptop, pastikan kamera web dalam keadaan aktif. Jika menggunakan ponsel pintar, pastikan lensa kamera bersih dari kotoran.

Kategori :