Rupanya Ini Penyebab Utama Toyota Recall Mobil Listrik bZ4X di Indonesia

Rabu 28-08-2024,14:56 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Rupanya ini penyebab utama Toyota Recall mobil Listrik bZ4X di Indonesia.

PT Toyota Astra Motor mengumumkan recall atau penarikan kembali untuk mobil listrik bZ4X tahun produksi Desember 2022 hingga Agustus 2023. 

Bagi pemilik bZ4X dengan tahun produksi tersebut, diminta untuk mendatangi bengkel terdekat guna melakukan pemeriksaan dan kalau perlu penggantian komponen.

BACA JUGA:Perbedaan Toyota Innova Reborn Tipe Q vs Venturer, Mana yang Lebih Mewah

Recall tersebut berkaitan dengan masalah pada kamera depan dan belakang. Diketahui, Toyota bZ4X dibekali Front View Camera dan Rear View Camera yang digunakan untuk menangkap dan menampilkan gambar area di depan dan belakang kendaraan. 

Keberadaan fitur tersebut dapat membantu pengendara saat parkir agar tetap aman ketika bermanuver.

BACA JUGA:5 Perbedaan Utama Toyota Fortuner 4x2 dan 4x4, Mana Pilihanmu

Ditemukan adanya proses pengelasan laser yang kurang optimal pada wadah kamera di supplier pada periode produksi tertentu.

Sehingga memungkinkan wadah kamera dapat terlepas apabila terkena tekanan eksternal dari waktu ke waktu, sehingga memungkinkan air bocor ke dalam kamera.

Jika keadaan ini terjadi dan tidak segera diperbaiki, bisa berdampak aliran di dalam kamera dapat mengalami korsleting yang menyebabkan ketidakmampuan menampilkan gambar area di depan dan belakang kendaraan dengan baik.

BACA JUGA:Daftar Mobil Toyota dengan Mesin Dual VVT-I, Dijamin Irit dan Gesit

"Selain informasi resmi melalui surat, PT Toyota-Astra Motor (TAM) menghimbau pelanggan untuk menghubungi dealer Toyota atau Lexus manapun untuk memverifikasi apakah kendaraannya termasuk ke dalam model yang mendapatkan pemanggilan," kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy dalam keterangan resminya.

BACA JUGA:Makin Agresif, Suzuki Siapkan Skutik Retro 125cc, Gaya Klasik dengan Sentuhan Modern

Pemilik kendaraan yang terlibat, akan menerima pemberitahuan melalui surat dan dapat menghubungi bengkel resmi Toyota untuk booking jadwal pemeriksaan. 

Estimasi waktu yang dibutuhkan dalam proses perbaikan Front View Camera dan Rear View Camera, untuk tahap pemeriksaan, dibutuhkan waktu sekitar 50 menit hingga 2 jam.

Kategori :