Ini Kelompok Orang yang Lebih Rentan Terjangkit Wabah Mpox, Bagaimana Penularannya?

Rabu 28-08-2024,22:08 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

BACA JUGA:Pastinya Membuat Tidak Nyaman, Lantas Berapa Hari Cacar Air Bisa Sembuh?

2. Ketahui Jenis Aktivitas Berisiko Tinggi

Apabila seseorang berisiko tinggi terkena Mpox tetapi belum menerima vaksin dua dosis, maka pertimbangkan untuk mengubah sementara aktivitas yang melibatkan kontak pribadi, seperti seks. Pesta atau kelab yang kerap kali hanya mengenakan pakaian minim dan rentan terjadi sentuhan kulit juga dapat menjadi media penularan virus.

Selain itu, kegiatan seperti melakukan hubungan seksual dengan lebih dari satu pasangan dan hubungan intim di tempat seks komersial juga bisa menjadi sumber penularan virus cacar monyet. Seseorang yang pernah berhubungan dengan penderita Mpox juga harus mendapatkan vaksinasi dengan segera, apa pun jenis kelamin dan identitas seksualnya.

BACA JUGA:Bahannya Mudah DiDapat, Berikut 5 Bahan Alami Menghilangkan Bekas Cacar Air

3. Hindari Kontak Kulit dengan Penderita

Hindari sementara sentuhan dengan seseorang yang memiliki masalah kulit, seperti ruam. Gejala cacar monyet juga biasanya terlihat seperti jerawat, kulit melepuh, atau koreng. Gejala-gejala tersebut mungkin muncul di tangan, kaki, wajah, dada, mulut, dan area lain, seperti alat kelamin.

Di daerah-daerah endemik Mpox, khususnya di Afrika bagian barat dan tengah, hewan pengerat dan primata bisa menjadi sumber penularan. Kontak langsung dengan hewan yang terinfeksi dapat menimbulkan risiko terpapar virus.

4. Hindari Kontak dengan Benda yang Pernah Digunakan Penderita

Hindari penggunaan barang yang pernah digunakan oleh penderita cacar monyet, seperti peralatan makan, perlengkapan tidur, handuk, atau pakaian. Apabila Anda tinggal bersama seseorang yang menderita Mpox, maka lakukan pembersihan dan desinfeksi rumah dengan metode pembersihan basah, seperti menggunakan semprotan, tisu, dan pel yang mengandung desinfektan.

Pakaian yang terkontaminasi Mpox karena digunakan oleh penderita, tidak boleh dicampur dengan cucian lain. Taruh benda berbahan kain yang sudah dipakai penderita ke dalam wadah kedap air yang dapat didesinfeksi atau dibuang setelahnya.

BACA JUGA:Obat Alami, Berikut Manfaat Daun Cangkring untuk Cacar Air, Herbal Tanpa Efek Samping

5. Cuci Tangan Sesering Mungkin

Cuci tangan lah sesering mungkin dengan sabun dan air atau menggunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol (hand sanitizer), terutama sebelum menyentuh wajah dan makanan. Cuci tangan juga dianjurkan setelah menggunakan kamar mandi yang diakses oleh banyak orang.

Demikianlah ulasan, kelompok orang yang lebih rentan terjangkit wabah mpox, dan bagaimana penularannya?

 

Kategori :