Penting Diperhatikan, Ini 7 Penyebab Gagal Tes Kesehatan CPNS, Simak Tips Jitu Mengatasinya

Kamis 29-08-2024,09:02 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

4. Gangguan Jantung

Kondisi jantung yang tidak sehat, seperti detak jantung yang tidak normal atau penyakit jantung, adalah alasan umum kegagalan tes kesehatan CPNS.

Pemeriksaan jantung akan menjadi salah satu aspek penting dalam tes kesehatan ini, terutama bagi jabatan yang membutuhkan daya tahan fisik tinggi.

Tips:

Jika kamu memiliki riwayat penyakit jantung atau masalah kesehatan terkait jantung, periksakan diri secara rutin ke dokter. Hindari kebiasaan buruk seperti merokok dan konsumsi makanan yang dapat meningkatkan kolesterol.

BACA JUGA:AHM Tanam Ribuan Pohon, Perkuat Penyerapan Karbon untuk Mitigasi Perubahan Iklim

5. Masalah Gigi

Meski terkesan sepele, kesehatan gigi juga menjadi perhatian dalam tes kesehatan CPNS. Gigi yang berlubang, infeksi gusi, atau masalah lain bisa menjadi penyebab gagalnya peserta dalam tes kesehatan. Hal ini karena gigi yang tidak sehat bisa menyebabkan infeksi yang lebih serius.

Tips:

Sebelum mengikuti tes kesehatan, pastikan untuk melakukan pemeriksaan gigi ke dokter gigi. Bersihkan karang gigi dan rawat gigi berlubang agar kesehatan mulut tetap terjaga.

BACA JUGA:Spesifikasi Motor Ayam Jago Honda XRM 125 DS 125cc , Gabungan Motor Bebek dan Trail

6. Masalah Pernapasan (Asma)

Asma dan gangguan pernapasan lainnya bisa menjadi penghalang dalam tes kesehatan CPNS, terutama bagi posisi yang membutuhkan ketahanan fisik seperti TNI atau Kepolisian.

Kondisi ini bisa mempengaruhi stamina dan kemampuan bekerja dalam kondisi yang membutuhkan fisik kuat.

Tips:

Jika kamu memiliki riwayat asma, pastikan untuk memeriksakan kondisimu ke dokter spesialis paru-paru dan menjaga kondisi kesehatan dengan baik. Hindari faktor pemicu yang bisa menyebabkan serangan asma, seperti debu, asap, atau udara dingin.

Kategori :