Catat! Ini 3 Kesalahan Fatal yang Jadi Penyebab Pelamar PPPK Gagal Dapat NIP, Hindari

Kamis 29-08-2024,19:44 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

Hal ini berkaitan dengan pengumuman kelulusan pasca sanggah, jika dinyatakan lolos dan pada masa sanggah peserta lain mengajukan sanggah dan sanggahan tersebut disetujui oleh Panitia Nasional. 

Jika hal tersebut terjadi maka akan membatalkan kelulusan sehingga pelamar PPPK dinyatakan gagal mendapatkan NIP.

Contohnya, jika dalam satu sekolah sudah ada pelamar P1 tetapi ada juga P2 yang dinyatakan lulus, maka pelamar P2 protes dengan melakukan sanggahan, dan sanggahan tersebut bisa saja disetujui.

Hal ini bisa saja terjadi dikarenakan kelulusan PPPK diprioritaskan untuk P1 terlebih dahulu baru kemudian P2.

BACA JUGA:Terbongkar! Tukang Jamu Cantik yang Hadir saat Demo Ternyata Polwan, Netizen: Terlalu Glowing

2. Data yang diberikan tidak valid

Hal ini berkaitan dengan BKN yang melakukan pemeriksaan dokumen dan ditemukan data yang tidak valid sehingga bisa menyebabkan pelamar gagal dapatkan NIP.

Misalkan ijazah yang diupload pada saat pendaftaran tidak sesuai dengan formasi yang dilamar sehingga menyebabkan ketidakvalidan data.

Dikarenakan data akan diperiksa oleh pihak BKN pada saat pengisian DRH dan juga pengusulan NIP. Maka dari itu pelamar harus berhati-hati ketika pengisian DRH, ijazah yang dipakai harus berdasarkan pada saat memilih formasi atau jabatan di akun SSCN.

BACA JUGA: Infinix XPAD, Tablet Harga Rp1 Jutaan yang Cocok dan Kuat untuk Gaming, Simak Spesifikasinya

3. Berkas tidak memenuhi syarat

Berkas yang diberikan tidak memenuhi persyaratan sehingga konsekuensinya pelamar tidak menerima NIP. Maka dari itu perlu diperhatikan dengan benar pada saat pengisian DRH, berkas pada saat pemberkasan dan juga pengisian DRH harus sesuai.

Tahapan Seleksi PPPK 2024

Dalam seleksi PPPK, penerapan tahapan tes dari tahun ke tahun masih akan sama, termasuk di tahun ini begitupun dengan seleksi CPNS.

BACA JUGA:Tumpah Ruah dan Padat Merayap, Petahana Erwin Octavian Jalan Kaki Mendaftar ke KPU Seluma

Tahap Seleksi PPPK 

Kategori :