11 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker!

Minggu 01-09-2024,11:49 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

4. Antioksidan alami

Bunga telang mengandung banyak senyawa antosianin. Senyawa atau zat ini merupakan komponen bioaktif yang memberikan warna biru pada bunga atau buah. Senyawa antosianin memiliki kemampuan menangkap radikal bebas yang merugikan bagi tubuh manusia.

5. Menurunkan berat badan

Apabila Anda sedang berusaha menurunkan berat badan, cobalah mengonsumsi teh bunga telang. Senyawa ternatin pada tanaman ini dapat mencegah penumpukan lemak di dalam tubuh, sekaligus meningkatkan pembakaran lemak.

Tak hanya itu, manfaat bunga telang untuk menurunkan berat badan juga diperoleh berkat kemampuannya dalam meningkatkan metabolisme tubuh. Semakin tinggi tingkat metabolisme, maka semakin banyak kalori yang dibakar oleh tubuh, sehingga berat badan pun akan berkurang.

BACA JUGA:Sumur Kering, Warga Beralih ke Sungai untuk Memenuhi Kebutuhan Air Bersih

6. Mengontrol tekanan darah dan gula darah

Khasiat bunga telang untuk kesehatan berikutnya adalah dapat mengontrol tekanan darah dan kadar gula darah dalam tubuh. Bunga telang mengandung senyawa antosianin yang dapat mengurangi kekakuan pembuluh darah arteri sehingga bisa melancarkan aliran darah.

Secara tidak langsung, bunga telang dapat mengurangi risiko hipertensi dan penyakit jantung. Selain itu, bunga telang juga dapat membantu mengontrol penyerapan gula dalam darah.

Dengan mengonsumsi teh bunga telang secara rutin, maka keseimbangan kadar gula darah dalam tubuh pun akan terjaga, terutama pada penderita penyakit diabetes. Namun, manfaat ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut terkait efektivitasnya.

BACA JUGA:Teori Konspirasi Tentang Kucing, Dianggap Sebagai Mata-mata Alien

7. Melancarkan sistem pencernaan

Menjaga kesehatan sistem pencernaan juga menjadi salah satu manfaat bunga telang untuk kesehatan. Manfaat ini diperoleh dari senyawa antioksidan di dalamnya yang mampu membantu melancarkan pencernaan.

Selain itu, bunga telang juga mengandung zat antiradang dan antibakteri sehingga dapat membantu meredakan gejala diare. Tidak hanya itu, bunga telang juga baik untuk metabolisme tubuh, sehingga cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang diet.

BACA JUGA:Menang di Pileg, sekarang Jadi Bakal Calon Wakil Bupati Seluma, Berapa Harta Kekayaan Jonaidi?

8. Menguatkan sistem kekebalan tubuh

Kategori :