Harga TBS Kaltim September 2024 Naik, Cek Rincian Harga Berdasarkan Umurnya

Senin 02-09-2024,19:07 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Agus Faizar

3. Buah yang dihasilkan memiliki kandungan asam lemak bebas yang tinggi

Seringkali buah yang terlalu lambat diangkut dari areal perkebunan mengalami keterlambatan transportasi, sehingga buah menjadi busuk dan menurunkan kualitas buah kelapa sawit.

Jika sudah terlanjur terlambat (restan) maka kualitas asam lemak bebas (ALB) akan meningkat. Ini dapat menurunkan harga jual buah kelapa sawit.

BACA JUGA:Petani Bermitra di Sumut Wajib Tahu, Berikut 13 Acuan Harga TBS Sawit Berdasarkan Usia Tanaman

Manfaat Kelapa Sawit

Kelapa sawit adalah komoditas penting bagi perekonomian daerah maupun negara. Selain itu, kelapa sawit juga mengandung banyak manfaat kesehatan untuk manusia.

Berikut manfaat kelapa sawit:

Berkat berbagai kandungan nutrisi di dalamnya, ada beragam manfaat kelapa sawit untuk kesehatan yang dapat Anda peroleh:

1. Menangkal efek radikal bebas

Tingginya kandungan antioksidan di dalam kelapa sawit, menjadikan tumbuhan ini baik dikonsumsi untuk menangkal efek radikal bebas berlebih yang berisiko merusak sel tubuh dan memicu berbagai penyakit.

BACA JUGA:Sudah Diberi Pupuk, Buah Sawit Tetap Mengecewakan, Ternyata Ini Rahasianya Menurut Ahli

2. Memperkuat imunitas tubuh

Selain melindungi tubuh dari paparan radikal bebas, vitamin E yang terkandung di dalam kelapa sawit juga diketahui dapat memperkuat imunitas tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, Anda pun akan terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh berbagai jenis patogen, seperti kuman dan virus.

BACA JUGA:Apa Itu Peremajaan Kelapa Sawit? Yuk Ketahui Mulai dari Syarat, Aturan dan Faktor yang Memengaruhinya

3. Menjaga kesehatan otak

Sebuah studi mengungkapkan bahwa kelapa sawit mengandung tocotrienol, yaitu jenis vitamin E yang berperan penting dalam menjaga kesehatan otak. Tidak hanya mengurangi risiko terjadinya demensia dan stroke, tocotrienol yang terkandung dalam kelapa sawit juga dapat mencegah pertumbuhan tumor otak.

Kategori :