Tak Bisa Sembarangan, Ini Kriteria Mobil yang Bisa Beli Pertalite dan Solar, Kendaraan Kalian Masuk?

Selasa 03-09-2024,11:36 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

15. Wuling Formo

16. Nissan Kicks e-Power

17. Nissan Magnite 999 cc

Itulah mengenai daftar kendaraan mobil yang masih bisa isi BBM subsidi baik jenis Pertalite ataupun Solar.

BACA JUGA:Bakal Calon Gubernur Jawa Timur 2024, Berapa Harta Kekayaan Tri Rismaharini?

Sementara itu, buat kamu yang masih bingung dengan aturan baru pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi. Jangan khawatir! bila sudah daftar dan memiliki QR Code pribadi, Anda yang memiliki kendaraan roda empat tetap bisa membeli Pertalite di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Program Subsidi Tepat dirancang untuk mendata kendaraan yang menggunakan BBM jenis Pertalite, yang kini masuk kategori Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP).

Berdasarkan Kepmen ESDM No. 37.K/HK.02/MEM.M/2022, Pertalite (RON 90) resmi ditetapkan sebagai BBM Penugasan oleh Pemerintah.

Untuk diketahui, PT Pertamina Patra Niaga kini memperluas sistem pendataan pembelian Pertalite dengan menggunakan QR Code untuk kendaraan roda empat.

BACA JUGA:Selain BBM Pengganti Pertalite Ada Juga BBM Baru Pengganti Bio Solar, Rendah Sulfur

Langkah ini merupakan bagian dari upaya untuk menerapkan sistem pembelian BBM subsidi yang sepenuhnya berbasis QR Code.

Saat ini, sistem pendataan transaksi pengguna Pertalite berbasis QR Code telah diterapkan di wilayah Jawa, Madura, dan Bali (JAMALI).

Selain itu, ada beberapa wilayah luar JAMALI seperti Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, Gorontalo, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Heppy Wulansari mengatakan, untuk kemudahan masyarakat QR Code bisa di-print out dan dibawa ke SPBU, sehingga tidak wajib mendownload aplikasi MyPertamina atau membawa handphone ke SPBU. Mekanisme ini masih dikhususkan untuk kendaraan roda empat (mobil)

BACA JUGA:Ada Kiai Menghina Gus Dur, Langsung Kena Karma dan Menangis Tersedu-sedu

Berdasarkan informasi dari situs resmi MyPertamina, ada beberapa langkah dan persyaratan yang perlu kamu penuhi untuk mendapatkan QR Code agar bisa membeli Pertalite dan Solar subsidi.

Kategori :