Daftar CPNS Petugas Damkar, Segini Gaji Petugas Damkar Terampil Golongan 2C jika Lolos Seleksi

Rabu 04-09-2024,11:07 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Purnama Sakti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM -  Daftar CPNS petugas Damkar, segini gaji petugas Damkar terampil Golongan 2C jika lolos seleksi.

Pada saat terjadi kebakaran, pasukan pemadam kebakaran selalu berada di garda terdepan untuk melindungi nyawa seseorang dan menekan sekecil mungkin kerugian dari dampak bencana kebakaran yang ditimbulkan.

Ditambah lagi, tugas pemadam kebakaran ternyata tak hanya memadamkan api saat terjadi kebakaran saja. Seorang pemadam kebakaran juga dituntut mampu untuk melakukan upaya pencegahan dan penyelamatan.

BACA JUGA:Ini Syarat Pengajuan Kredit untuk CPNS dan PPPK di Bank Bengkulu, Plafon Ratusan Juta, Tenor Angsuran 5 Tahun

Upaya pencegahan biasanya dilakukan dengan mengedukasi masyarakat tentang bagaimana cara mendeteksi potensi kebakaran sedini mungkin.

Sementara untuk mengasah keterampilan pasukan pemadam kebakaran, secara rutin ada simulasi penanggulangan bahaya kebakaran di gedung-gedung perkantoran. 

Selain itu, kesiapsiagaan pasukan pemadam kebakaran tidak hanya dibutuhkan saat terjadi kebakaran, melainkan juga sewaktu-waktu terjadi bencana.

BACA JUGA:Bekerja Bertaruh Nyawa, Ini Rincian Gaji PNS Damkar Mahir Golongan 3A Per Bulan

Petugas kebakaran juga bertugas untuk melakukan evakuasi terhadap korban banjir, gempa bumi, dan sebagainya. Bahkan, tak jarang pemadam kebakaran juga diminta untuk membantu menyelamatkan hewan.

Menurut Peraturan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 26 Tahun 2020, jenjang jabatan fungsional keterampilan pemadam kebakaran meliputi sebagai berikut.

(1) PNS Damkar pemula masuk ke golongan 2A pangkat pengatur muda;

(2) PNS Damkar terampil masuk ke golongan 2B pangkat pengatur muda tingkat I, gol. 2C pangkat pengatur, dan gol. 2D pangkat pengatur tingkat I;

(3) PNS Damkar mahir masuk ke golongan 3A pangkat penata muda dan gol. 3B pangkat penata muda tingkat I;

BACA JUGA:Segini Gaji PNS Damkar Terampil Golongan 2D 2024, Tertarik?

(4) PNS Damkar penyelia masuk ke golongan 3C pangkat penata dan gol. 3D pangkat penata tingkat I.

Kategori :