Tertarik Jadi Apoteker di Rumah Sakit? Segini Gaji yang Diterima Tiap Bulannya!

Kamis 05-09-2024,08:44 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Tertarik jadi apoteker di rumah sakit? Segini gaji yang diterima tiap bulannya!

Apoteker termasuk salah satu tenaga kesehatan yang memiliki peran cukup penting dalam dunia medis.

Mereka bertugas memberikan obat-obatan kepada pasien sesuai dengan anjuran resep yang diberikan oleh dokter.

BACA JUGA:Pinjaman KUR Pegadaian Syariah September, Begini Cara Mudah Cairkan Modal Usaha Rp 50 Juta

Sehingga penggunaan obat-obatan tersebut dipastikan aman dan efektif untuk pasien yang sedang sakit. Selain itu mereka juga memberikan layanan konsultasi, edukasi tentang dunia farmasi atau obat-obatan kepada masyarakat.

Profesi ini memang diperlukan kecermatan dan ketelitan yang tinggi dalam memberikan obat-obatan. Jika kurang teliliti dalam memberikan obat, maka akan berdampak kepada kesehatan pasien.

Dengan tugas dan tanggung jawab tersebut, tidak heran jika gaji yang ditawarkan cukup besar.
Namun untuk menjadi seorang apoteker tidaklah mudah, diperlukan jenjang pendidikan tinggi (S1) berasal dari sarjan farmasi.

Seorang apoteker harus harus berasal dari lulusan program sarjana farmasi yang sudah di Akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI).

BACA JUGA:Intip Besaran Gaji Menteri BUMN, Benarkah di Bawah Rp 20 Juta?

Bukan hanya itu saja, mereka harus mengikuti proses uji kompetensi apoteker (UKA) yang diadakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Apoteker (LSPA). Tujuan dari uji kompetensi tersebut yaitu agar mendapatkan surat tanda registrasi (STR) dari kementrian kesehatan.

Surat Tanda Registrasi (STR) dari kementrian kesehatan sangat dibutuhkan dan menjadi salah satu dokument penting yang wajib dilampirkan saat melamar kerja menjadi tenaga kesehatan (Apoteker).

Usaha menjadi seorang apoteker memang penuh perjuangan dan sebanding dengan gaji yang diberikan. Sehingga profesi ini jenjang karirnya sangat prospek untuk jangka panjang, terutama bagi yang ambil kuliah jurusan farmasi.

BACA JUGA:Ini Rincian Gaji yang Diterima Perawat Ahli Madya 2024 Berdasarkan Golongan

Bekerja menjadi tenaga kesehatan dirumah sakit merupakan tugas mulia dan menjadi impian bagi sebagian orang. Tenaga kesehatan dirumah sakit dibagi menjadi beberapa bagian, khusunya dalam dunia per obatan yaitu farmasi dan apoteker.

Kedua bidang tersebut punya perbedaan, untuk farmasi lebih cendrung meneliti obat dan memproduksi obat-obatan. Sedangkan untuk Apoteker merupakan tenaga kesehatan yang memberikan obat kepada pasien.

Kategori :