Catat, Ini Jenis Pekerjaan yang Paling Banyak Dicari di Jepang untuk TKI Tahun 2024

Jumat 06-09-2024,18:12 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Agus Faizar

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Catat! ini pekerjaan yang paling banyak dicari di Jepang untuk TKI Tahun 2024.

Jepang, negara yang dikenal dengan teknologi canggih dan budaya yang kaya, terus membuka peluang bagi warga negara asing untuk bekerja di sana, termasuk bagi tenaga kerja dari Indonesia. 

BACA JUGA:Simak Gaji TKI di Dubai Terbaru 2024 Berdasarkan Bidang Pekerjaannya

Program Pekerja Berketerampilan Spesifik, atau yang lebih dikenal dengan nama Specified Skilled Worker (SSW) atau Tokutei Ginou, telah diperkenalkan sejak April 2019 sebagai salah satu solusi untuk mengatasi kekurangan tenaga kerja di berbagai sektor di Jepang. 

Seiring dengan kebutuhan yang semakin mendesak, Jepang berencana untuk menerima hingga 820.000 pekerja SSW dalam lima tahun ke depan. 

BACA JUGA:Risiko Pekerjaan Berbahaya, Berapa Gaji yang Diterima PNS Damkar Terampil Golongan 2B Setiap Bulannya

Dalam artikel ini, kita akan membahas pekerjaan apa saja yang banyak dicari di Jepang untuk TKI Indonesia dan memberikan beberapa tips berguna bagi mereka yang berencana untuk mendaftar pekerjaan di Negeri Sakura ini.

Program Specified Skilled Worker (SSW) merupakan inisiatif dari pemerintah Jepang untuk mengisi kekosongan tenaga kerja di sektor-sektor tertentu. 

Program ini tidak hanya menawarkan peluang bagi warga negara Jepang tetapi juga membuka pintu bagi tenaga kerja asing, termasuk dari Indonesia. 

BACA JUGA:Daftar 10 Pekerjaan dengan Gaji Terbesar di Indonesia, Bisa Capai Tiga Digit, Makin Tajir!

Pada awal peluncurannya, SSW mencakup 14 jenis pekerjaan, dan pada tahun 2024, pemerintah Jepang menambahkan 4 jenis pekerjaan baru ke dalam program ini. 

Dengan tambahan ini, total jenis pekerjaan dalam program SSW kini mencapai 16.

Jenis pekerjaan baru yang ditambahkan meliputi:

- Industri Angkutan Kendaraan Bermotor

- Industri Kereta Api

Kategori :