Ada Galian C di Kedurang Diduga Beroperasi, Jadi Sorotan Banyak Pihak

Selasa 10-09-2024,13:59 WIB
Reporter : Anggi Noverdo
Editor : Aliantoro

BENGKULUSELATAN,RBTVCAMKOHA.COM-  Adanya dugaan aktifitas galian C di Kedurang yang beroperasi, mulai menjadi perhatian banyak pihak, mulai masyarakat biasa hingga Anggota Dewan.

 

Sebab pengerukan material sungai tersebut tidak diperkenankan lantaran wilayah Kedurang tidak termasuk dalam peruntukan pertambangan.

 

Penegasan ini disampaikan oleh Kadis LHK Bengkulu Selatan Haroni. Dikatakan Haroni ada tiga lokasi yang memang dilarang untuk aktifitas pertambangan, ketiga wilayah itu adalah di Kedurang, Air Nipis dan Seginim. 

 

BACA JUGA:Berencana Beli Motor Baru? Ini Daftar Harga Honda Beat Per September 2024

 

Karena pada Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), ketiga zona tersebut masuk dalam zona pertanian, sehingga aktifitas pertambangan apapun memang dilarang.

Bahkan menurut Kadis LHK, dirinya juga belum mengetahui jika ada aktifitas Galian C. Sebab sejak beroperasi sejak Tiga bulan lalu dirinya belum menerima berkas ataupun perizinan terkait dengan kebutuhan dokumen pengawasan dampak lingkungan.

 

BACA JUGA:Diduga Ada Tambang Galian C di Sungai Kedurang Beroperasi Diam-diam, Walhi Angkat Bicara

 

"Tidak tahu izinnya ada atau tidak jika merujuk RT/RW itu tidak boleh, kita tidak dilibatkan, karena itu diambil alih oleh ESDM, kalaupun beroperasi kita cuma terima retribusi saja, cuma masalahnya kita tidak tahu sudah atau belum," kata Haroni.

Kategori :