Habiskan Dana Rp 32 Miliar, Ternyata Bangunan Gapura Ini Terbuat dari Triplek, Ini Kata Uya Kuya

Selasa 10-09-2024,20:36 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

BACA JUGA:Viral, Remaja 15 Tahun Bagikan Foto Momen Pernikahan, Ini Ragam Komentar Netizen

Namun yang jelas. katika membuat desain gapura, ada beberapa strategi yang bisa diterapkan sehingga gapura yang dibuat bisa tampil secara sempurna dan istimewa

Yang pertama adalah penentuan lokasi yang mau digunakan untuk membuat gapura. Lokasi yang paling baik adalah berada di jalur utama masuk kampung dan banyak dilewati orang maupun masyarakat dari daerah lain. 

Sehingga keberadaan kampung bisa lebih dikenal oleh orang lain, selain warga kampung itu sendiri

Setelah lokasi ditentukan, langkah berikutnya baru membuat desain. Yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pekerjaan ini adalah, kanali lebih lanjut hal-hal yang cukup menonjol dan punya nillai positif serta bisa menjadi ciri khas utama dari kampung tersebut.

Misalnya saja kampung tersebut sebagain besar penduduknya punya profesi sebagai pembuat barang kerajinan atau makanan tertentu yang sangat spesifik dan istimewa. 

BACA JUGA:15 Situs Sejarah di Bengkulu Tengah Berubah Menjadi Cagar Budaya

Produk tersebut bisa dijadikan sebagai maskot yang ditampilkan di gapura. Ini merupakan salah satu metode untuk memunculkan identitas Indaerahan sekaligus media pemasaran yang sangat bagus.

Selain itu hal lain yang perlu diketahui, desain gapura secara garis besar terbagi menjadi dua jenis, yaitu gapura yang pada bagian kiri dan kanannya dihubungkan oleh suatu bidang dan gapura yang masing-masing terpisah berdiri sendiri. 

Dan yang pasti kedua model tersebut selalu menggunakan konsep yang sama. Yaitu antara gapura yang berada di sebelah kiri dan sebelah kanan selalu punya tampilan yang tidak berbeda atau kembar.

Khusus untuk gapura yang pada bagian tengahnya diberi bidang untuk menyatukan baglan kiri dan kanan, perlu memperhitungkan masalah pembuatan konstruksi dan kerangkanya. 

BACA JUGA:Berencana Beli Mobil? Ini Harga Daihatsu Sirion September 2024, Cek Spesifikasinya

Apalagi jika media tersebut punya ukuran yang sangat besar dan menjadi pusat perhatian utama atau point of view. Karena kekuatan media ini hanya mengandalkan tiang penyangga yang berada pada sisi kiri dan kanan saja.

Meski sedikit lebih sulit, namun konsep penyatuan ini lebih menguntungkan karena gapura bisa punya ukuran yang lebih besar dan terlihat dengan jelas. 

Selain itu bidang yang digunakan untuk penyatuan dua gapura bisa dijadikan sebagai media untuk memunculkan suatu pesan. Misalnya ucapan selamat datang, atau gambar dan wujud visual yang lain sebagai Identitas kampung itu.

Putri Nurhidayati

Kategori :