Bikin Melongo, Segini Harga Baterai Mobil Listrik di Indonesia

Rabu 11-09-2024,16:09 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

Diketahui, baterai Hyundai Ioniq 5 versi standar dengan kapasitas 58 kWh mampu membuat kendaraan melaju hingga 350 kilometer.

Sementara itu, untuk baterai long range dengan kapasitas 72,6 kWh bisa mencapai 480 kilometer. Meski demikian, angkanya bisa berbeda, tergantung gaya mengemudi dan penggunaan fitur kendaraan.

BACA JUGA:Mengenal Sejarah dan Asal Kata Nama Desa Jenggalu di Kabupaten Seluma Bengkulu

Selanjutnya ada baterai Wuling Air ev yang belakangan terungkap punya banderol sepertiga dari harga mobilnya.

Product Planning Wuling Motors Danang Wiratmoko menyebut harga baterai Wuling Air ev varian Long Range hampir menyentuh Rp 100 juta.

"Mendekati Rp 100 juta yang long range," ungkap Danang.

Wuling Air ev Long Range memiliki kapasitas baterai 26,7 kWh. Bermodalkan baterai itu, Air ev Long Range bisa menempuh jarak sejauh 300 km.

BACA JUGA:Nyata, Ini Daftar 9 Game Penghasil Uang, Aturan Mainnya Gampang, Cairnya juga Mudah

Untuk diketahui, baterai yang digunakan Wuling Air ev adalah baterai Lithium Ferro-Phosphate yang sudah melalui uji ketahanan terhadap air dan debu setingkat rating IP67, sehingga pengguna mobil listrik seperti Air ev akan merasa lebih nyaman saat memilikinya.

Itulah mengenai kisaran harga baterai mobil listrik di Indonesia. Sementara itu, sebagai pemilik mobil listrik, pastinya Anda tidak menginginkan baterainya cepat rusak.

Memperpanjang masa pakai baterai bukan hanya tentang menghemat uang, tetapi juga tentang menjaga kinerja kendaraan Anda.

Dengan mengikuti panduan merawat baterai mobil listrik dibawah ini, Anda dapat menjaga kendaraan tetap dalam kondisi prima dan dapat digunakan untuk waktu yang lama.

BACA JUGA:Untuk Kaum Emak, Ini 7 Rekomendasi Merek Magic Com Terbaik 2024

Tips Merawat Baterai Mobil Listrik

1. Pakai Charger Asli (ORI)

Tips pertama dalam merawat baterai mobil listrik adalah selalu menggunakan charger asli saat mengisi daya. Pastikan kamu hanya memakai charger asli yang disarankan oleh pabrikan. Ini karena charger mobil listrik asli mampu memberikan perlindungan lebih pada sel baterai, menjaga kesehatannya dalam jangka panjang.

Kategori :