Berapa Lama Umur Baterai Mobil Listrik? Segini Kisaran Lamanya serta Cara Memperpanjang Usianya

Rabu 11-09-2024,19:43 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Purnama Sakti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Berapa lama umur baterai mobil listrik? Segini kisaran  lamanya serta cara memperpanjang usianya.

Mobil listrik semakin populer di kalangan masyarakat, hal ini terlihat dari berbagai jenis kendaraan listrik seperti motor listrik, bus listrik, dan sepeda listrik juga semakin mudah ditemui di jalan. 

International Energy Agency (IEA) melaporkan, pada 2022 jumlah mobil listrik yang terjual di seluruh dunia melampaui 10 juta unit. 

BACA JUGA:Ini 25 Contoh Soal TKP CPNS 2024 lengkap Jawabannya, Bisa untuk Latihan!

Mobil listrik menjadi salah satu solusi dekarbonisasi di sektor transportasi. Namun, upaya ini juga harus dibarengi dekarbonisasi di pembangkit listrik agar pengurangan emisi bisa optimal.

Karena tidak menghasilkan emisi, mobil listrik tidak seperti kendaraan konvensional yang menggunakan bahan bakar minyak. Sebagai gantinya, mobil listrik membutuhkan baterai.

Baterai menyimpan daya saat pengecasan yang kemudian dimanfaatkan untuk menggerakkan mobil listrik. Di satu sisi, baterai mobil listrik mempunyai usia dan masa pakai dalam kurun waktu tertentu. 

Lantas berapa lama usia baterai mobil listrik?

BACA JUGA:Daftar 11 Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan, Tertarik Mencoba Salah Satunya?

Umur Baterai Mobil Listrik

Mobil listrik merupakan kendaraan yang sumber tenaganya berasal dari energi listrik yang disimpan dalam baterai. Jenis baterai yang umum digunakan pada mobil listrik adalah baterai lithium-ion.

Penggunaan jenis baterai ini dipilih karena memiliki kepadatan energi yang lebih besar dan usia pakai yang lebih panjang dibanding baterai mobil biasa.

Mengutip dari laman J.D Power, baterai mobil listrik dapat bertahan 10-20 tahun. Namun, ada beberapa faktor yang dapat mengurangi masa pakainya.

BACA JUGA:2 Nyawa Melayang Akibat Transaksi di MiChat, Begini Alur dan Penyebab yang Diungkap Polresta Bengkulu

Misalnya, gaya mengemudi, kondisi lingkungan, dan cara merawat baterai yang tidak tepat. Berbagai faktor ini dapat berdampak pada kinerja dan umur baterai mobil listrik. 

Kategori :