Berapa Lama Umur Baterai Mobil Listrik? Segini Kisaran Lamanya serta Cara Memperpanjang Usianya

Rabu 11-09-2024,19:43 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Purnama Sakti

Menerapkan kebiasaan mengisi daya yang tepat dapat memperpanjang usia baterai. Sebaliknya, pengisian daya baterai yang buruk dapat membuat bataerai cepat rusak.

Pengisian daya baterai yang terlalu sering hingga penuh atau dibiarkan kosong secara terus-menerus dapat memperpendek umur baterai. 

BACA JUGA:Peluang Lolos, Ini 15 Contoh Soal TWK CPNS 2024 Lengkap dengan Jawaban

Berikut ini beberapa tips cara memperpanjang umur baterai mobil listrik:

1. Menjaga Kapasitas Baterai

Hindari penggunaan baterai mobil hingga kosong atau penuh untuk memperpanjang umur baterai. Disarankan untuk menjaga kapasitas baterai antara 20% hingga 80%, mengurangi tekanan pada sel-sel baterai dan mencegah degradasi berlebih.

2. Mengatur Tegangan Masuk

Pastikan mobil terhubung ke sumber listrik stabil untuk menghindari tegangan masuk yang tidak stabil. Pengaturan tegangan listrik yang baik membantu mencegah degradasi baterai dan menjaga masa pakai.

3. Turunkan Batas Pengisian Maksimum

Setel pengisian maksimum baterai ke 80-90% untuk memperlambat degradasi. Pengisian hingga 100% dapat meningkatkan tekanan pada sel-sel baterai.

BACA JUGA:Bikin Melongo, Segini Harga Baterai Mobil Listrik di Indonesia

4. Perhatikan Tempat Parkir

Hindari tempat parkir terlalu panas atau terkena sinar matahari langsung, karena dapat mempengaruhi kinerja baterai. Parkir di tempat dengan suhu rendah membantu menjaga efisiensi baterai.

5. Tentukan Waktu Ideal Mengisi Baterai

Buat jadwal pengisian baterai yang teratur sesuai dengan gaya hidup Anda. Pengisian teratur membantu menjaga kesehatan baterai, mencegah pengisian berlebihan, dan memastikan kesiapan baterai.

6. Hindari Mengemudi dengan Kecepatan Tinggi

Kategori :