12 Ide Usaha Sampingan untuk Guru, Dijamin Untung Tidak Mengganggu Waktu Mengajar

Rabu 11-09-2024,20:26 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Purnama Sakti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM –  12 ide usaha sampingan untuk guru, dijamin untung tidak mengganggu waktu mengajar.

Menjalankan usaha sampingan bisa menjadi solusi yang sangat berguna bagi guru, terutama ketika gaji yang diterima terasa tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Hal ini sering kali terjadi terutama bagi guru honorer yang menerima gaji dalam nominal yang sangat minim.

BACA JUGA:Minibus Berisi 7 Penumpang Asal Seluma Masuk Jurang Sedalam 20 Meter di Liku Sembilan

Jika Anda seorang guru dan merasa bahwa pendapatan Anda masih kurang atau mungkin hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar, maka mengejar usaha sampingan bisa menjadi alternatif yang baik untuk menambah penghasilan. 

Memulai bisnis sampingan tidak harus memerlukan modal besar, banyak ide usaha yang mudah dilakukan dan tidak memerlukan biaya awal yang tinggi. 

Dirangkum dari berbagai sumber berikut adalah 12 ide usaha sampingan yang bisa dijadikan pilihan oleh para guru:

BACA JUGA:Kumpulan Link Download PDF Kisi-kisi Soal SKD CPNS 2024, Gratis

1. Menjadi Net Promoter untuk Penerbit Buku

Salah satu ide usaha sampingan yang bisa dilakukan adalah menjadi Net Promoter untuk penerbit buku. Sebagai Net Promoter, Anda akan memiliki tugas untuk memperkenalkan jasa penerbitan, percetakan, dan pengadaan buku kepada penulis. 

Dengan memanfaatkan jaringan yang telah Anda bangun selama ini, aktif di media sosial, dan berkoordinasi dengan tim penerbit, Anda bisa mendapatkan komisi dari setiap penulis yang berhasil diajak untuk bekerja sama. 

Ini adalah peluang yang menarik karena tidak memerlukan modal besar dan bisa dilakukan dari rumah. Selain itu, pekerjaan ini juga memberikan fleksibilitas waktu yang sangat cocok untuk seorang guru yang mungkin memiliki jadwal yang padat.

BACA JUGA:Berapa Lama Umur Baterai Mobil Listrik? Segini Kisaran Lamanya serta Cara Memperpanjang Usianya

2. Membuka Toko Online

Dengan pesatnya perkembangan tren belanja online, membuka toko online adalah ide usaha sampingan yang menjanjikan. Anda bisa menjual berbagai produk, mulai dari buku, pakaian, makanan ringan, kerajinan tangan, hingga barang preloved. 

Kategori :