Digalakan Sejak 2022, Sudah Ribuan RTM Dapat Sambungan Listrik Gratis Program Unggulan Gubernur Bengkulu

Kamis 12-09-2024,13:18 WIB
Reporter : Siska Harliana
Editor : Septi Fitriani

BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COM - Digalakan sejak 2022, sudah ribuan RTM dapat sambungan listrik gratis program unggulan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral atau ESDM Provinsi Bengkulu kembali melakukan pemasangan sambungan listrik gratis tahun 2024.


Saat ini instalasi listrik di lokasi calon penerima sedang dipasang, dan targetnya akhir September ini rumah tangga miskin atau RTM penerima bantuan mulai teraliri listrik. 

BACA JUGA:Ingat! Calon Incumbent Wajib Serahkan Surat Cuti ke KPU di Hari Pertama Kampanye 25 September Ini

Pemasangan listrik gratis ini telah digalakan sejak 2022 lalu, dan merupakan salah satu program unggulan Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah.

Jumlah penerima juga terus meningkat setiap tahunnya. Di 2022, sambungan listrik gratis ini diberikan kepada 200 RTM. Kemudian di 2023 naik menjadi 230 sambungan. 

Lalu di 2024, sambungan listrik gratis ini dibarengi program bantuan pasang baru listrik atau BPBL dari pemerintah pusat, sehingga total alokasi menjadi 1.230 sambungan.

BACA JUGA:Miris, Bayi Baru Lahir di Seluma Ditinggalkan Ibu Kandungnya

Penerima bantuan tersebar di berbagai wilayah se-Provinsi Bengkulu, dengan syarat belum mendapatkan aliran listrik. Seperti di Kabupaten Bengkulu Utara, Rejang Lebong, Lebong, Kepahiang dan Kabupaten Bengkulu. 

Dijelaskan Kabid Energi dan Ketenagalistrikan Dinas ESDM Provinsi Bengkulu Roziani, bahwa program sambungan listrik gratis dengan daya 450 kWh ini, dipastikan tepat sasaran, karena calon penerima telah diverifikasi oleh Dinas ESDM.

“Program prioritas Gubernur yaitu sambungan listrik gratis untuk tahun 2022 sebanyak 200 RTM, 2023 sebanyak 230 RTM, dan rencana untuk tahun 2024 ini sebanyak 230 RTM. Saat ini sudah dilakukan pemasangan instalasi yang menyebar dibeberapa daerah kabupaten/kota,” tutur Roziani.

(Siska Harliana)

Kategori :