Mengenal Ikan Invasif yang Jadi Predator di Danau Toba

Kamis 12-09-2024,16:58 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Mengenal ikan invasif yang jadi predator Danau Toba.

Untuk diketahui, hewan invasif merupakan mereka yang berada di habitat tertentu dan merusak ekosistem di dalamnya, padahal sejatinya mereka tak berasal dari habitat tersebut.

Tentunya, label ini muncul karena mereka membawa sejumlah dampak buruk bagi ekosistem. Tak terkecuali ikan invasif yang berada di danau toba.

BACA JUGA:784 Pelamar CPNS 2024 Bengkulu Utara Submit Berkas, 13 Posisi Nihil Pelamar

Danau Toba adalah danau alami berukuran besar di Sumatera Utara, Indonesia yang terletak di kaldera gunung supervulkan.

Danau Toba memiliki Flora dan Fauna yang sangat kaya. Flora danau ini meliputi berbagai fitoplankton, makrofita kecil, makrofita terapung, dan makrofita terendam.

Sedangkan daratan di sekitarnya ditutupi oleh hutan tropis, termasuk berbagai jenis hutan pinus tropis Sumatera di pegunungan tinggi.

BACA JUGA:Pencinta Satwa Harus Tahu, Ini Sanksi dan Hukuman Memelihara Hewan yang Dilindungi

Fauna danau ini mencakup beberapa spesies zooplankton dan hewan bentik. Karena danau ini oligotrofik (tidak kaya nutrisi), ikan asli Danau Toba sangat langka.

Di danau ini hanya terdapat dua jenis ikan endemik yaitu Rasbora Tobana (yang bisa disebut hampir endemik karena juga terdapat di sungai-sungai yang masuk ke danau ini) dan Neolissochilus thienemanni yang biasa dikenal dengan ikan Batak.

Spesies terakhir terancam oleh penggundulan hutan (menyebabkan sedimentasi), polusi, perubahan ketinggian air dan masuknya spesies ikan baru ke dalam danau.

Ada salah satu spesies ikan baru di Danau Toba yang sangat menarik dibahas.
Karena keberadaan ikan tersebut sangat meresahkan nelayan di sekitaran Danau Toba. Ikan tersebut bernama ikan iblis merah.

BACA JUGA:784 Pelamar CPNS 2024 Bengkulu Utara Submit Berkas, 13 Posisi Nihil Pelamar

Keberadaan ikan red devil fish atau ikan iblis merah di Danau Toba menyebabkan populasi ikan endemik Danau Toba menurun. Ikan iblis merah adalah ikan predator yang memakan ikan lain di sana.

Sebaran ikan red devil ini sebenarnya sudah menjadi persoalan bagi nelayan di sana. Ikan itu dianggap merusak ekosistem di wilayah danau terluas di Indonesia tersebut.

Kategori :