Mengenal Ikan Invasif yang Jadi Predator di Danau Toba

Kamis 12-09-2024,16:58 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

Ditambah lagi ikan ini memiliki pertumbuhan yang lambat. Ikan ini mampu tumbuh hingga berat 30 kilogram dengan panjang 1 meter. Ikan ini terancam karena ada spesies invasif yang mengancam.

BACA JUGA:Berminat Pelihara, Ini Perizinan Syarat Memelihara Hewan yang Dilindungi Pemerintah

2. Ikan Wader (Rasbora Tobana)

Ikan Wader Danau Toba (Rasbora Tobana) merupakan spesies asli Danau Toba. Ikan ini merupakan ikan kecil dari suku Cyprinidae. Ikan Wader memiliki banyak jenis hingga 100 spesies, ikan wader Danau Toba merupakan spesies endemik Danau Toba.

Ikan ini juga sering dijadikan sebagai ikan konsumsi sebagai lauk. Ikan ini jarang dibudidayakan karena ukurannya yang kecil. Ikan ini bisa disajikan dengan digoreng dengan rasa gurih dan enak.

3. Ikan Pora-pora

Ikan Pora-pora merupakan salah satu spesies ikan air tawar khas Danau Toba. Ikan ini hanya berukuran 10-12 cm dengan sisik putih mengkilat. Ikan ini menjadi salah satu ikan budidaya di Danau Toba selain spesies ikan lain.

Ikan ini merupakan spesies yang cepat berkembang biak sehingga bisa menghasilkan ikan dalam jumlah yang banyak.

Bagi Anda yang ingin menikmati kuliner khas dari Danau Toba, Anda bisa menikmati kuliner ikan ini di rumah makan di Parapat dan juga beberapa tempat makan di Danau Toba. Ikan ini juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Danau Toba berupa ikan pora-pora kering.

Ikan pora-pora menjadi salah satu komoditi perikanan di Danau Toba dan menjadi sumber pencaharian nelayan pesisir Danau Toba. Rasanya yang enak membuat ikan ini sangat diminati oleh konsumen. Tidak hanya di Sumatera Utara dan Medan, ikan ini juga dikirim ke Padang, Pekanbaru hingga Jakarta.

BACA JUGA:Perkara Ingin Kredit Motor tapi DP Kurang, Pria Ini Ngamuk dan Nekat Rusak Deretan Motor Baru

4. Ikan Selusur Maninjau

Ikan Selusur Maninjau (Homaloptera Gymnogaster) merupakan salah satu spesies ikan yang dilindungi yang terdapat di Danau Toba.

Ikan ini merupakan salah satu ikan endemik di Danau Maninjau dan Danau Toba. Ikan ini sering ditangkap untuk dijadikan sebagai konsumsi dan ikan hias sehingga keberadaannya menjadi terancam.

Ikan ini lebih suka berada di aliran sungai dekat danau dengan kontur berpasir dan air yang jernih.

Ikan ini masuk dalam kondisi terancam kepunahan sehingga pemerintah melindungi spesies ikan ini bersama dengan beberapa spesies lain seperti belida Sumatra, ikan batak dan lain sebagainya.

Kategori :