Ternyata 5 Jenis Ikan Invasif Air Tawar Ini Sering Dijadikan Lauk di Rumah

Kamis 12-09-2024,17:08 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

Ikan gabus (Channidae) merupakan jenis ikan yang berasal dari Asia dan Afrika.

Di luar negeri, ikan ini mendapatkan nama snakehead karena bentuk tubuhnya yang memanjang serta motif pada sisiknya yang serupa dengan seekor ular. 

Bentuk wajah dan deretan gigi tajamnya sudah cukup untuk membuat ikan ini mendapatkan reputasi menyeramkan.

BACA JUGA:Perkara Ingin Kredit Motor tapi DP Kurang, Pria Ini Ngamuk dan Nekat Rusak Deretan Motor Baru

Dilansir The Washington Post, kehadiran ikan gabus di sungai-sungai Amerika Serikat punya berbagai versi, namun diketahui mereka mulai masuk sejak awal tahun 2000-an. 

Saat ini secara spesifik ikan gabus menjadi sangat invasif di wilayah Delaware dan Virginia. Saking berbahayanya ikan gabus bagi ekosistem di Amerika Serikat, bahkan ada himbauan untuk memburu dan membunuh ikan ini jika ada pemancing yang melihatnya.

BACA JUGA:Kakek Piyono Dipenjara Akibat Pelihara Ikan Aligator Gar, Saya Ini Orang Bodoh, Kenapa Tidak Ada Sosialisasi

Hal ini dikarenakan ikan gabus sangat rakus dan tidak pilih-pilih makanan. Mereka bisa melahap habis berbagai jenis ikan lokal tanpa adanya predator alami bagi ikan ini. 

Selain itu, reproduksi dari ikan gabus betina juga terbilang sangat luar biasa. Dalam satu musim bertelur, diketahui kalau ikan ini bisa mengeluarkan lebih dari 100 ribu telur.

BACA JUGA:Makin Ganas, Honda Siapkan Motor Sport Mesin 4 Silinder, Pesaing Kawasaki Ninja ZX-4RR

4. Ikan lele 

Lele (Clarias batrachus) merupakan salah satu ikan air tawar yang bisa bernafas di udara. Dalam bahasa Inggris, ikan lele yang umum kita jumpai biasa disebut walking catfish. 

Ini karena mereka mampu bernafas dan berjalan di daratan. Sama seperti ikan mas, ternyata ikan lele juga termasuk ikan invasif di Amerika Serikat.

BACA JUGA:Anak Kembar Ini Alami Trauma Berat Akibat Ulah Tiktokers, KPAI dan Orang Tua Lapor ke Polisi

Dilansir Tree Hugger, ikan lele sejatinya berasal dari Asia Tenggara dan beberapa tempat di India. Akan tetapi, mereka mulai diperkenalkan di Amerika Serikat pada tahun 1960-an di Florida. 

Lambat laun mereka menyebar di berbagai tempat seperti Nevada, California, Massachusetts, Connecticut, hingga Georgia dan menjadi predator bagi peternak ikan.

Kategori :