Ternyata 5 Jenis Ikan Invasif Air Tawar Ini Sering Dijadikan Lauk di Rumah

Kamis 12-09-2024,17:08 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

BACA JUGA:Tabel Angsuran KUR BRI Periode September 2024, Pinjaman Rp 10-50 Juta, Persyaratan dan Cara Pengajuan

Ikan lele di Amerika Serikat dikenal sebagai pemburu oportunistis yang sering merangsek masuk ke kolam-kolam ternak ikan dan memakan habis ikan-ikan di dalamnya, terutama jika berukuran lebih kecil. 

Maka dari itu, para peternak ikan terpaksa harus memasang jaring-jaring di sekitar saluran air guna mencegah ikan lele masuk ke kolam mereka.         

BACA JUGA:Ada Honda Scoopy Club 12 Baru dengan Tampil Retro Sporty, Segini Kisaran Harganya                        

5. Mosquitofish (Eropa)

Mosquitofish (Gambusia holbrooki) adalah nama populer dari eastern gambusia. Sesuai dengan namanya, ikan kecil ini merupakan spesialis pemakan jentik nyamuk yang berasal dari Amerika Serikat bagian timur. 

Kehadiran ikan ini di Eropa pertama kali dibawa dari Amerika Serikat ke Spanyol pada tahun 1920-an guna mencegah penyebaran malaria.

BACA JUGA:Syarat Pendaftaran PTPS Pilkada 2024, Ini Berkas yang Perlu Dipersiapkan

Ironisnya, menurut laman PhysOrg, mosquitofish justru mampu beradaptasi dengan baik dan mulai tersebar di Eropa. Sayangnya, semakin luasnya persebaran mosquitofish justru membawa malapetaka pada ekosistem di sekitarnya. 

Saking bahayanya, bahkan ikan ini dinobatkan jadi salah satu dari seratus jenis hewan paling invasif di dunia oleh IUCN.

BACA JUGA: Mantan Kepsek dan Bendahara SMPN di Bengkulu Korupsi Dana BOS Rp1,2 M untuk Judi Online

Ikan kecil ini bersaing secara langsung dengan spesies ikan lokal yang ada di Eropa. Mereka memakan segala hal, mulai dari makanan yang sama dengan ikan lokal hingga memakan ikan lain jika memungkinkan. 

Kemampuan adaptasi mereka juga sangat menakjubkan yang membuat mereka hadir dalam jumlah besar di berbagai sungai di Eropa.

BACA JUGA:Dikira Korban Begal, Pria Paruh Baya yang Terkapar di Jalan Ternyata Ditikam Istri

Melihat deretan jenis ikan invasif di atas tentunya jadi peringatan bagi kita agar lebih berhati-hati jika ingin melepaskan ikan asing di ekosistem alami di sekitar kita. 

Bisa jadi beberapa ikan asing yang dilepaskan ke ekosistem sekitar justru malah membawa bencana, seperti yang dilakukan oleh spesies dalam daftar di atas.

Kategori :