Berapa Watt Lampu LED yang Hemat Energi? Ini Keuntunggan Menggunakan Lampu LED di Rumah

Minggu 15-09-2024,06:18 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Purnama Sakti

Selaras dengan hal tersebut, LED menghasilkan sedikit panas dibandingkan lampu pijar dan CFL (Compact Fluorescent Lamp). Lampu pijar melepaskan 90 persen energinya sebagai panas, sementara CFL melepaskan sekitar 80 persen energinya sebagai panas.

Proses ini memungkinkan LED untuk mengonversi sebagian besar energi listrik yang diberikan ke dalam cahaya. Berbeda dengan lampu pijar konvensional yang mengonversi sebagian besar energi listrik menjadi panas dan hanya sebagian kecil menjadi cahaya. 

Oleh karena itu, lampu LED lebih efisien dalam penggunaan energi karena lebih sedikit energi yang terbuang sebagai panas.

BACA JUGA:Update Daftar Harga Baja Ringan September 2024 Berdasarkan Merek

Hal serupa juga diulas dalam penelitian berjudul "Karakteristik dan Efisiensi Lampu Light Emiting Dioda (LED) sebagai Lampu Hemat Energi" (2020) oleh Vandri Ahmad Isnaini, dkk.. 

Dalam penelitian tersebut dijelaskan, lampu yang memiliki penggunaan energi terhemat adalah lampu LED, dengan konsumsi daya sebesar 0.09 kWh per hari.

Sementara itu, lampu yang memiliki penggunaan energi paling besar adalah lampu pijar 60 Watt, dengan konsumsi daya sebesar 0,72 kWh dalam satu hari. Jumlah konsumsi energi itu didasarkan pada asumsi pemakaian cahaya selama 12 jam.

Selain itu, hasil pengukuran intensitas cahaya menunjukkan bahwa lampu LED menghasilkan intensitas cahaya tertinggi. Adapun lampu neon essential menghasilkan intensitas cahaya terendah.

BACA JUGA:Rincian Biaya Ganti Plat Mobil Tahun 2024, Perhatikan Prosedurnya

Meskipun spesifikasi dari pabrikan menyatakan bahwa lampu LED 8 Watt setara dengan lampu pijar 60 Watt, intensitas cahaya yang dihasilkan oleh lampu LED jauh lebih tinggi. Selisihnya sebesar 33.000 Lux.

Keuntungan Menggunakan Lampu LED di Rumah

Selain hemat energi, keuntungan menggunakan LED di rumah mencakup umur penggunaan yang panjang, ramah lingkungan, tidak ada emisi UV, desain fleksibel, serta bertegangan rendah. Dikutip dari Indiana University of Pennsylvania, berikut keuntungan menggunakan lampu LED.

1. Umur panjang

Salah satu keunggulan utama dari lampu LED adalah umur panjangnya. Bola lampu dan dioda LED memiliki ekspektasi umur operasional mencapai hingga 100.000 jam. 

BACA JUGA:Simulasi Kredit Honda ADV 160, Angsuran Mulai Rp 600 Ribuan Per Bulan

Umur operasional tersebut setara dengan 11 tahun operasi tanpa henti atau 22 tahun operasi dengan penggunaan sekitar 50 persen. Misalnya, jika lampu LED dinyalakan selama delapan jam sehari, dibutuhkan sekitar 20 tahun sebelum perlu mengganti bola lampu LED.

Kategori :