Daftar 14 Jenis Pinjaman Modal Usaha dengan Bunga Kecil Mulai dari Bank hingga Pinjol

Minggu 15-09-2024,09:59 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Fitriani

Dokumen untuk mengajukan KMK adalah Kartu identitas seperti KTP dan KK, kemudian buku tabungan, keterangan penghasilan dan bukti tanggungan jika ada.

BACA JUGA:Waspada, BMKG Ingatkan 12 Wilayah Ini Waspada Cuaca Ekstrem Hujan Lebat & Angin Kencang Hingga 19 September

Rekomendasi Jenis Pinjaman untuk Modal Usaha (Non Bank)

Nah, jika sahabat Camkoha tidak ingin pinjaman untuk modal usaha dari pihak bank, maka bisa memilih alternatif dengan memilih pinjaman untuk modal usaha dari non bank.

Selain memiliki persyaratan yang tidak seribet bank, prosesnya juga bisa lebih mudah. Berikut ini adalah rekomendasi jenis pinjaman untuk modal usaha non bank yang bisa dicoba, yaitu.

5. Angel Investor

Pinjaman untuk modal usaha Angel Investor bersedia menjadi orang yang mendanai bisnis sahabat Camkoha. Biasanya angel investor melirik bisnis yang berada di tahap awal. 

Kamu harus benar-benar bisa memanfaatkan dan tersebut untuk mengembangkan bisnis, karena biasanya angel investor akan memberikan dananya sebagai investasi, sehingga jika ingin bisnis kamu maju, maka kamu harus benar-benar merintis bisnis nya secara konsisten.

Angel investor biasanya lebih tertarik kepada perusahaan start up yang mempunyai potensi atau peluang sukses dengan konsep bisnis yang unik. 

Sehingga jika sahabat Camkoha ingin mendapatkan dana dari angel investor pastikan untuk menggunakan dan menyusun konsep bisnis yang unik, agar mereka tertarik memberikan uangnya untuk perusahaan yang kamu rintis.

6. Koperasi

Koperasi adalah salah satu jenis pinjaman yang populer karena memiliki suku bunga yang rendah dan persyaratan yang cukup mudah. 

Namun, sahabat Camkoha tetap harus waspada dengan koperasi abal-abal, sehingga perlu memastikan bahwa koperasi yang kamu gunakan untuk meminjam uang atau modal adalah koperasi resmi yang sudah terdaftar di Kementerian Koperasi dan UKM.

Koperasi biasanya lebih populer di daerah seperti pedesaan, karena banyak yang membuka usaha dengan modal dari koperasi, terbilang cukup mudah dan aksesnya cepat.

BACA JUGA:Penjelasan BMKG Soal Kemunculan Awan Tsunami di RI, Pertanda Apa?

7. Kompetisi Bisnis Plan

Kategori :