Kumpulan Tema Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW 2024, Cocok untuk Kegiatan di Lingkungan Sekolah

Senin 16-09-2024,12:32 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Fitriani

Itulah tema yang bisa digunakan untuk merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad atau Maulid Nabi Muhammad SAW 2024 ini. Tema di atas bisa digunakan untuk kegiatan di lingkungan sekolah maupun di masyarakat.

BACA JUGA:Angsuran BPJS Kesehatan ASN di Kaur Menunggak hingga Rp 4 Miliar

Amalan di Hari Maulid Nabi Muhammad SAW

Sementara itu, merujuk pada buku Pintar Doa dan Zikir Rasulullah yang ditulis Abdullah Zaedan, dan sumber sebelumnya, inilah beberapa amalan yang dapat dilakukan di hari Maulid Nabi

1. Mengisi dengan Bacaan Salawat kepada Rasulullah SAW

Allah SWT berfirman dalam surah Al-Ahzab ayat 56:

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰٓٮِٕكَتَهٗ يُصَلُّوۡنَ عَلَى النَّبِىِّ ؕ يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا صَلُّوۡا عَلَيۡهِ وَسَلِّمُوۡا تَسۡلِيۡمًا‏

Arab latin: Innallaaha wa malaaa'i katahuu yusalluuna 'alan Nabiyy; yaaa aiyuhal laziina aamanuu salluu 'alaihi wa sallimuu tasliimaa

Artinya: "Sesungguhnya Allah SWT dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi SAW. Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kamu untuk Nabi SAW dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya."

BACA JUGA:Dana Insentif Kartu Prakerja Cair Berapa Kali? Simak Cara Cek Jadwal Pencairan dan Aturannya

2. Berzikir dan Meningkatkan Ibadah kepada Allah SWT

Umat Islam dianjurkan untuk melakukan berbagai ibadah tambahan seperti salat sunnah dan membaca Al-Qur'an. Melalui zikir dan ibadah ini, umat Islam dapat meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW serta memperkuat iman dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Melalui zikir dan ibadah, mereka dapat meneladani akhlak Nabi dan memperkuat iman serta ketaqwaan kepada Allah SWT

3. Membaca Sejarah Rasulullah SAW

Membaca dan menceritakan sejarah Nabi Muhammad SAW, termasuk kebaikan dan keutamaan beliau, merupakan salah satu cara penting untuk mengenang dan meneladani hidup Rasulullah.

Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW bukan hanya tentang mengetahui peristiwa-peristiwa historis, tetapi juga tentang menerapkan pelajaran yang diambil dari kehidupan beliau untuk membentuk karakter dan tindakan kita sesuai dengan tuntunan Islam.

Kategori :