Pemkab Seluma Tuntas Salurkan Rp 146 Miliar Dana Desa Tahap I dan II untuk 182 Desa

Selasa 17-09-2024,10:40 WIB
Reporter : Hari Adiyono
Editor : Purnama Sakti

SELUMA, RBTVCAMKOHA.COM - Pemerintah Kabupaten Seluma mengklaim sudah menyalurkan dana desa kepada 182 desa. Penyaluran tersebut untuk tahap 1 dan 2 dengan total dana mencapai Rp 146 miliar.

Hal ini diungkapkan Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Seluma, Sumiati. Untuk rinciannya pada tahap I lalu telah dikucurkan dana sebesar Rp 72 miliar atau 49,47 persen dari total dana desa Rp 146 miliar. 

Ini artinya sisa dana desa yang disalurkan pada tahap II sebesar Rp 74 miliar atau 50,53 persen. 

BACA JUGA:Daftar Kejanggalan dan Dugaan Kecurangan oleh Wasit dalam Laga Aceh VS Sulteng

“Untuk tahap I sudah dianggarkan Rp 72 miliar, artinya untuk tahap II tersisa Rp 74 miliar, jadi totalnya Rp 146 miliar dan pada pekan lalu sudah kita tuntaskan penyalurannya,” terang Sumiati.

Ditambahkan Kepala Dinas (Kadis) PMD Seluma, Nopetri Elmanto, adapun desa terakhir yang mengajukan pencairan DD tahap II yakni Desa Kemang Manis, Kecamatan Semidang Alas Kabupaten Seluma.

Sebelumnya pemerintah desa (Pemdes) Kemang Manis satu satunya yang nyaris terlambat mengajukan DD, karena belum mampu merealisasikan dana desa tahap I sesuai persyaratan yang harus diajukan yakni sebesar 60 persen.

BACA JUGA:Catat! Ini Syarat Khusus Pendaftaran Seleksi PPPK 2024, Informasi Penting untuk Honorer

Namun pada pekan lalu persyaratan tersebut telah terpenuhi dan Dinas PMD memberikan rekomendasi.

"Memang sebelumnya Pemdes Kemang Manis yang paling terakhir mengajukan, karena realisasi pembangunannya di DD tahap I belum 60 persen,” papar Nopetri.

Sebelumnya Pemkab Seluma pada pertengahan Juni lalu sudah menyalurkan seluruh dana desa (DD) tahap I dengan anggaran Rp 72 miliar.

BACA JUGA:Tenaga Honorer Full Senyum, Ada 1.031.554 Formasi PPPK 2024

Jumlah tersebut merupakan 49 persen dari total anggaran DD yang harus disalurkan pada tahun 2024 ini, sedangkan sisanya disalurkan untuk tahap II.

Kategori :