Mengenal Puasa Nabi Ibrahim, Ini Bacaan Niat dan Tata Caranya, Simak Keutamaannya

Rabu 18-09-2024,14:45 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Mengenal Puasa Nabi Ibrahim, ini bacaan niat dan tata caranya, simak keutamaannya.

Allah SWT telah mewajibkan umat Islam untuk melaksanakan ibadah puasa. Dalam srah al-Baqarah ayat ke-183, Allah SWT berfirman:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

BACA JUGA:Tempo 2 Minggu, Polda Bengkulu Bekuk 6 Pelaku Peredaran Narkoba

Jelas di sana bahwa puasa bukanlah kewajiban yang baru, melainkan sudah ada sebelum Alquran turun. Umat-umat pra-Islam yang bertauhid telah menjalankan puasa sebagai ritual pembersihan diri.

Nabi Ibrahim, termasuk sesaleh-salehnya manusia yang hadir di muka bumi. Ketaatan kepada Allah sudah berurat dan berakar dalam dinnya. Maka, ritual puasa pun bukan hal asing lagi bagi dirinya.

Lalu, puasa seperti apa yang dijalankan oleh Nabi Ibrahim?

BACA JUGA:Dapatkan Pinjaman Tanpa Agunan, Begini Cara dan Syarat Pinjaman Kredit di BCA Personal Loan

Nabi Ibrahim AS dikenal dengan kegemarannya berpuasa, terutama saat menerima wahyu dari Allah. Salah satu jenis puasa yang terkait dengan Nabi Ibrahim adalah Puasa Tarwiyah, yang dilakukan pada tanggal 8 Dzulhijjah.

Puasa ini memperingati ketaatan Nabi Ibrahim ketika menerima perintah Allah untuk menyembelih putranya, Nabi Ismail AS.

Selain itu, Nabi Ibrahim juga berpuasa tiga hari setiap bulan dan ada riwayat yang menyebutkan bahwa beliau berpuasa satu tahun penuh dan berbuka satu tahun.

BACA JUGA:Warga Ini Kehilangan Motor saat Orang Sibuk Melayat, Lokasinya di Sebuah Gang Indekos

Mengenal Puasa Tarwiyah

Puasa Tarwiyah merupakan salah satu dari sekian banyak puasa sunnah yang dapat dilaksanakan oleh umat Islam. Puasa tarwiyah dapat diamalkan umat Islam pada tanggal delapan Dzulhijjah.

Berdasarkan catatan sejarahnya, puasa Tarwiyah menjadi peringatan terhadap ketaatan Nabi Ibrahim as terhadap perintah Allah.

Kategori :