Kemenkes Buka Lowongan Kerja September 2024, Cek Posisi dan Syarat Pendaftaran

Selasa 24-09-2024,09:48 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

Selanjutnya, pahami konteks dari pertanyaan tersebut. Pada sesi ini, active listening skill Anda sangat dibutuhkan, yakni teknik memahami, mendengarkan, dan cara merespon lawan bicara secara langsung.

BACA JUGA:Dimulai Oktober, Ini Jadwal Terbaru Pelaksanaan Tes SKD dan SKB CPNS 2024

3. Manfaatkan Metode STAR

STAR adalah teknik yang digunakan oleh pelamar kerja dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan saat wawancara kerja berbasis perilaku yang testruktur dan jelas. STAR memiliki makna sebagai berikut:

- Situation (Situasi)
Jelaskan situasi/latar belakang/situasi yang Anda hadapi sesuai dengan pertanyaan yang diajukan oleh HRD. Termasuk waktu dan tempat kejadian

- Task (Tugas)
Menginformasikan tugas dan tanggung jawab yang Anda kerjakan sebagai calon pekerja (jika sebelumnya pernah bekerja/magang/ikut dalam organisasi/partisipasi sebuah project, dan lain-lain)

- Action (Aksi)
Jelaskan dengan percaya diri dan yakin mengenai hal-hal/keputusan yang akan kamu ambil untuk menyelesaikan masalah tersebut. Fokuskan pada diri Anda sendiri, bukan atas nama tim atau orang lain.

- Result (Hasil)
Sebutkan dampak positif dari keputusan/kebijakan yang kamu ambil. Misalnya seperti masalah antar anggota terpecahkan, performa meningkat, pencapaian target, dan sebagainya.

BACA JUGA:Kapan Kartu Peserta Ujian Tes SKD CPNS 2024 Bisa Dicetak? Perhatikan Prosedurnya

4. Jujur dan Transparan

Menjawab pertanyaan interview kerja harus dilakukan dengan jujur dan transparan. Jangan sampai Anda melebih-lebihkan cerita maupun pengalaman hanya karena ingin mengesankan rekruter atau HRD, padahal faktanya tidak memiliki pengalaman tersebut.

Jika Anda tidak dapat menjawab pertanyaan dari rekruter mengenai suatu hal, cobalah untuk mengakuinya dan katakan bahwa kamu akan mencari tahu tentang hal tersebut serta mempelajarinya lebih lanjut.

Dengan begini, kamu terlihat sebagai sosok yang berdedikasi tinggi, tidak mudah menyerah, serta suka belajar hal-hal baru.

BACA JUGA:Lowongan Kerja BSI 2024, Lulusan S1 dan S2 Berpeluang Diterima, Pendaftaran Lewat Online

5. Gunakan Bahasa Tubuh yang Positif

Sama halnya dengan ketika memperkenalkan diri saat wawancara, pada saat menjawab pertanyaan interview kerja dari rekutrer, Anda juga harus menjaga kontak mata dan tetaplah tersenyum.

Kategori :