10 Makanan Khas Bengkulu yang Wajib Dicoba saat Berkunjung, Dijamin Bikin Nagih!

Rabu 25-09-2024,11:27 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

Kue tat atau sering disebut kue anak tat adalah kue yang disajikan dalam ukuran kecil layaknya biskuit. Pada awalnya, kue ini hanya disajikan untuk para raja dan orang-orang kalangan ningrat. Tapi seiring berjalannya waktu, kue ini sudah banyak dijual secara umum.

Kue tat memiliki rasa yang manis, gurih, dan lembut di mulut. Maka jangan heran, kue yang satu ini jadi camilan favorit masyarakat Bengkulu.

4. Pendap

Pendap adalah makanan khas Bengkulu yang terbuat dari bahan dasar ikan. Jenis ikan yang digunakan bisa apa saja, yakni ikan air tawar maupun ikan air laut.

Untuk cara membuatnya tidaklah sulit, ikan yang sudah dicuci hingga bersih kemudian dibumbui dengan bumbu rempah seperti bawang putih, kencur, cabai, garam, hingga kelapa muda parut.

Setelah semua bumbu dihaluskan, barulah dicampur dengan ikan. Nantinya, ikan yang sudah berbalur bumbu akan dibungkus dengan daun talas dan direbus hingga matang.

Proses merebusnya berlangsung hingga kurang lebih 8 jam. Cukup lama, bukan, Moms? Penggunaan daun talas pada pendap ditujukan supaya aroma amis ikan hilang dan berganti dengan wangi daun. Pendap biasa disantap bersama dengan nasi putih hangat dan cocok dinikmati kapan saja.

BACA JUGA:Terdakwa Pembunuhan Dante Dituntut Mati, Ristya Aryuni: Sesuai Harapan

5. Rebung Asam Undak Liling

Rebung asam undak liling adalah makanan khas Bengkulu yang dibuat dari campuran dua bahan dasar, yakni keong hitam dan rebung.

Untuk memasaknya dibutuhkan waktu yang agak lama karena kita harus merendam rebungnya terlebih dahulu selama beberapa hari hingga rasa asam dalam rebung dapat keluar.

Barulah setelah itu rebung dibumbui dengan aneka rempah dan dimasak bersama dengan keong hitam.
Keong hitam atau liling ini biasa hidup di sawah sehingga masyarakat bisa dengan mudah mendapatkannya.

6. Lemang Tapai

Mendengar kata lemang, pasti yang terbayang adalah kuliner khas Melayu. Lemang memang merupakan makanan khas Melayu, tapi lemang tapai adalah makanan khas Bengkulu.

Lemang tapai dibuat dari bahan dasar beras ketan dan santan. Untuk cara membuatnya, beras ketan yang sudah dicuci bersih lalu direndam semalaman.

Setelah itu dicampur dengan santan dan dimasak dengan cara dibakar dalam seruas bambu hingga matang.
Nantinya lemang tapai akan disajikan bersama dengan tapai ketan. Selain tape ketan, biasanya juga ada durian yang mendampingi sajian makanan khas Bengkulu ini.

BACA JUGA:7 Kota yang Memiliki Janda Tercantik, Termuda dan Terbanyak di Indonesia

7. Lempuk Durian

Berbicara tentang durian, ternyata masyarakat Bengkulu punya olahan kuliner dari durian, yakni lempuk durian yang dibuat dari bahan dasar buah durian dengan tambahan tepung gandum serta gula.

Semua bahan dicampur hingga rata lalu diaduk dalam sebuah wajan besar dan dimasak di atas api hingga teksturnya mengental dan matang. Lempuk durian ini teksturnya sangat mirip dengan dodol dan sering dijadikan sebagai oleh-oleh.

8. Gulai Kemba’ang

Kategori :