10 Makanan Khas Bengkulu yang Wajib Dicoba saat Berkunjung, Dijamin Bikin Nagih!

Rabu 25-09-2024,11:27 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

Selanjutnya ada gulai kemba’ang yang asalnya dari Kabupaten Mukomuko, Bengkulu. Gulai kemba’ang adalah makanan khas Bengkulu yang dibuat dari bahan dasar iga sapi yang dimasak dengan aneka rempah.

Gulai kemba’ang memiliki cita rasa yang sangat khas dengan aroma rempah yang cukup tajam. Kamu bisa menyantapnya dengan menggunakan nasi putih hangat sebagai makan siang atau makan malam.

BACA JUGA:Makin Legend Makin Hits! Ini Daftar Tarif Band Indonesia 2024, dari Kangen Band hingga Slank

9. Gulai Pisang

Gulai pisang menjadi salah satu makanan khas Bengkulu yang terbilang unik karena biasanya gulai dibuat dari bahan dasar protein hewani atau nabati, bukan dari buah-buahan.

Gulai memang biasanya dibuat dari bahan dasar ayam, ikan, daging, telur, tempe, hingga tahu. Gulai pisang dibuat dari bahan dasar pisang lalu dimasak dengan bumbu gulai.

Jenis pisang yang digunakan adalah pisang yang teksturnya padat seperti pisang kepok, raja, hingga tanduk.

10. Kue Perut Punai

Makanan khas Bengkulu yang satu ini merupakan salah satu jajanan tradisional yang bisa dengan mudah dijumpai di pasar tradisional atau toko kue di Bengkulu.

Kue perut punai adalah kue yang dibuat dari bahan dasar tepung beras, telur, keju parut, gula, garam, dan sedikit air.

Dinamakan perut punai karena tampilan bentuknya ini mirip dengan isi perut usus burung punai.
Untuk membuatnya, semua adonan yang telah dicampur rata kemudian dibentuk seperti lingkaran lalu digoreng hingga matang.

Setelah itu, barulah dibalur dengan lelehan gula aren. Tekstur dari perut punai ini legit dan kenyal dengan campuran rasa manis di dalamnya.

BACA JUGA:Makin Legend Makin Hits! Ini Daftar Tarif Band Indonesia 2024, dari Kangen Band hingga Slank

Sebagai infromasi, tambahan sebelum berburu makanan khas Bengkulu ada beberapa tips untuk membantu Anda menemukan dan menikmati kuliner khas Bengkulu:

1. Kunjungi Pasar Tradisional

Pasar tradisional adalah tempat terbaik untuk menemukan makanan khas daerah. Di Bengkulu, Anda bisa mengunjungi Pasar Minggu atau Pasar Panorama untuk mencicipi berbagai makanan lokal.

2. Coba Makanan Ikonik

Jangan lewatkan makanan ikonik seperti Pendap, yang terbuat dari ikan laut yang dibumbui dengan rempah-rempah dan kelapa parut, lalu dibungkus dengan daun talas dan dikukus selama 8 jam. Ada juga Bagar Hiu, yang menggunakan daging ikan hiu1.

Kategori :