2 Jenis Kopi Khas Bengkulu yang Jadi Primadona, Citarasa Unik dan Aroma Istimewa

Rabu 25-09-2024,20:18 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

BACA JUGA:Pelaku Curanmor Semakin Ganas, Lagi Motor Mahasiswa Hilang Dicuri

Lantas, apa saja fakta-fakta tentang Kopi Bengkulu yang belum diketahui banyak orang?

1. Produksi Kopi Terbesar Ketiga di Indonesia

Di Bengkulu, berbagai jenis kopi tumbuh dan diproduksi, mulai dari Arabika, Robusta, hingga Liberika. 

Namun, untuk saat ini, kopi Bengkulu masih didominasi oleh varian kopi Robusta. Selain itu kopi Arabika juga berpotensi untuk bisa lebih dikembangkan.

Bengkulu telah menghasilkan 80 ribu ton kopi per tahun. Dua kabupaten (Kepahiang dan Rejang Lebong) yang menjadi menghasilkan puluhan ribu ton kopi kering siap edar. 

Dengan produksi yang banyak ini, Bengkulu merupakan provinsi ketiga terbesar penghasil kopi terbesar di Indonesia setelah Lampung dan Sumatera Selatan sehingga dikenal sebagai segi tiga emas kopi. 

Bengkulu ikut berperan menyumbang sekitar 70 persen dari total produksi kopi Robusta di Indonesia.

“Alhamdulillah Bengkulu produksi kopi terbesar ketiga nasional. Sekarang kita akan ekspor, memanfaatkan pelabuhan strategis besar yang ada di Samudera Indonesia untuk kita ekspor ke negara-negara lain,” Kata Gubernur Bengkulu beberapa waktu lalu.

BACA JUGA:Ini Bocoran Kebijakan TPP ASN Pemprov Bengkulu Pada 2025, Ada Kenaikan?

2. Memiliki Beragam Aroma

Pertama, kopi Bengkulu deiketahui ditanam pada ketinggian 700 – 1.500 Mdpl dan memiliki cita rasa aroma buah seperti lemon, cokelat dan herba yang khas. 

Kopi ini dihasilkan oleh petani di daerah Rejang Lebong, Kepahiang, Bengkulu Utara dan beberapa daerah lainnya.

“(Kopi Bengkulu) dibudidayakan oleh masyarakat secara organik, sehingga taste rasanya unik, nikmat, aromanya khas dan tentunya menyehatkan karena dipelihara secara organik,” jelas Rohidin.

BACA JUGA:10 Perusahaan Rokok Terbesar di Dunia 2024, Nomor Dua Berdomisili di Indonesia

3. Sering Ikut Festival Kopi Nasional

Ketiga, kopi Robusta Bengkulu merupakan varian unggulan hingga menduduki peringkat 5 di Pusat Penelitian (PUSLIT) Kopi Nasional. “Kopi Bengkulu sudah beberapa kali ikut Festival Kopi Nasional dengan berbagai kriteria yang dibuat. Selalu masuk 5 besar” ujarnya.

4. Menang dalam Kontes Speciality Indonesia

Kopi Robusta Bengkulu yang berasal dari Kabupaten Kepahiang berhasil masuk dalam jajaran kopi terbaik pada Kontes Speciality Indonesia (KSI) atau Indonesia Cupping Competition tahun 2016. 

Kontes ini digelar oleh Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI) bersama Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (PPKKI) di Jakarta. Juri-juri yang menilai pun berasal dari 12 negara. 

Kategori :