Harga TBS Kelapa Sawit Hari Ini di Kabupaten Mukomuko, Ada yang Beli Rp 2.740 per Kilogram

Jumat 27-09-2024,14:46 WIB
Reporter : Ringgo Dwi Septio
Editor : Purnama Sakti

10. PT KAS: Rp 2.640/Kg

11. PT BMK: Rp 2.740/Kg

BACA JUGA:Haduh! Tetangga Ini Nekat Lakukan Aksi Perusakan Mobil hingga Cat Mengelupas, Apa Pemicunya?

"Kita melakukan monitoring setiap harinya untuk harga TBS sawit di seluruh pabrik yang ada. Sesuai instruksi Bupati, kami harus memastikan seluruh pabrik menaati ketetapan harga dari Gubernur," ungkap Kadistan Mukomuko, Fitriani Ilyas.

Dilanjutkannya, pihaknya juga meminta petani sawit Mukomuko untuk menjaga kualitas buah sawitnya. Karena seluruh pabrik pasti akan melakukan sortiran terhadap kualitas buah.

Namun pihak Dinas Pertanian juga mengingatkan pabrik-pabrik yang ada, jangan sampai membuat petani rugi dengan alasan sortiran buah TBS yang masuk ke pabrik tersebut.

BACA JUGA:Ini Kalimat Terakhir Letkol Untung Sebelum Dihukum Tembak, Dalang G30S PKI

"Selalu kami ingatkan pihak pabrik-pabrik yang ada, agar tidak melakukan tindakan yang dapat merugikan petani. Jangan ada lagi pungli terhadap petani dengan modus sortiran ini," sambungnya.

Saat ini harga TBS sawit di Mukomuko relatif stabil. Bahkan di atas harga jual TBS periode bulan September 2024 ini yang sudah ditetapkan pemerintah provinsi.

Menurut data dari Dinas TPHP Provinsi per tanggal, 3 September 2024 lalu, harga tertinggi jual TBS diwilayah Provinsi Bengkulu diangka Rp 2.600 per kilogramnya.

BACA JUGA:6 Fakta Letkol Untung, Sosok yang Disebut Pemimpin Pasukan G30S PKI

"Saat ini bahkan kita sudah menyentuh hampir Rp 2.800 bahkan. Seperti di PT BMK hari ini harga TBS diangka Rp 2.740 per kilogram," pungkasnya.

 

Ringgo Dwi Septio

Kategori :