Catat! Ini 5 Efek Samping Terhanyut dalam Scroll Media Sosial, Apakah Kamu Salah Satu Korbannya?

Senin 30-09-2024,06:21 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Purnama Sakti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Catat! Ini 5 efek samping terhanyut dalam scroll media sosial, apakah kamu salah satu korbannya?

Ketika dihadapkan dengan media sosial, tak jarang kita suka lupa akan waktu. Sebab hal ini sering kita anggap sebagai hiburan, namun nyatanya ini adalah sebuah awal dari permasalahan yang besar.

Scrolling atau menggulir konten di media sosial merupakan salah satu aktivitas santai yang dapat menghibur diri dari tekanan akademik maupun tuntutan pekerjaan. Kegiatan scrolling inilah yang dapat membuat kita lupa akan waktu.

BACA JUGA:5 Tempat Wisata Terpopuler di Sumatera Barat 2024 yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Berikut adalah beberapa dampak negative dari terlalu mengikuti nafsu untuk scroll media sosial yang berlebiham.

1. Wasting time

Wasting time ialah kegiatan yang dianggap hanya membuang-buang waktu saja. Kegiatan wasting time tidak jarang dilakukan oleh seseorang tanpa sengaja.

Ketika sedang asik bermain sosial media, kamu mungkin sering tak sadar waktu begitu cepat berlalu. Bagaimana tidak, kala belajar disambi dengan main Twitter, tentu hal tersebut bisa membuang waktumu yang berharga.

BACA JUGA:12 Tempat Wisata Terpopuler di Sumatera Utara 2024, Sugukan Pesona Keindahan Terbaik

Coba untuk mengatur waktumu lebih bijak. Daripada wasting time, kamu bisa alihkan dengan cara fokus untuk menyelesaikan tanggung jawab yang lain. 

Maka dari itu, lebih tegaslah dalam penggunaan media sosial, karena jika tak bisa memanfaatkan dengan baik, justru kamu yang akan dimanfaatkan balik oleh media sosial.

2. Membuatmu jadi malas untuk melakukan sesuatu

Biasanya, sebagian orang pagi-pagi akan langsung membuka layar gadget sebelum melakukan aktivitas positif lainnya. Jika sudah dalam keadaan posisi yang nyaman, maka hal tersebut akan berkelanjutan, deh.

BACA JUGA:10 Rekomendasi Tempat Wisata Lampung Terbaik dan Lagi Hits 2024, Cocok Buat Dikunjungi

Alhasil, mereka pun jadi malas untuk mulai melakukan sesuatu yang positif, seperti beres-beres kamar, melakukan pekerjaan rumah, olahraga, dan kegiatan lainnya.

Kategori :