Banyak yang Tanya, Apa itu Silent Treatment? Kenali Ciri-cirinya

Minggu 29-09-2024,10:55 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

Tak hanya itu, jika pasangan kamu cenderung suka berlarut-larut mendiami kamu pada saat setelah terjadi sebuah pertengkaran, ini juga bisa menjadi ciri-ciri jika pasangan kamu melakukan silent treatment.

Pasangan ini biasanya akan menolak berbicara dengan kamu untuk waktu yang cukup lama. Mungkin bisa berlangsung selama berhari-hari atau berminggu-minggu, dan berhenti hanya jika kamu meminta maaf terlebih dahulu.

3. Menolak untuk mengakuimu

Ciri-ciri yang meresahkan dari silent treatment yaitu pasangan cenderung menahan diri untuk tidak membalas sikapmu dan upaya kamu untuk membicarakannya, sampai kamu memohon dan menenangkannya.

BACA JUGA:Xiaomi Luncurkan Smartwatch Redmi Watch 5 Lite, Jam Tangan Pintar dengan Spesifikasi Luar Biasa

4. Menggunakan keheningan untuk menghindari tanggung jawab

Selanjutnya, pasangan yang suka silent treatment mungkin cenderung akan menutup diri ketika kamu menunjukkan perilaku negatifnya. Dengan begini, ia dapat menghindari tanggung jawab apapun atas tindakannya.

5. Mengabaikan kamu dengan sengaja

Ciri-ciri berikutnya adalah pasangan ini akan mengabaikanmu begitu saja. Ia mungkin akan berbicara normal seperti umunya pada orang lain, namun tidak dengan kamu. Ia akan menghindari sebisanya.

BACA JUGA:Meizu StarV Ring 2, Cincin Pintar Dilengkapi Fitur Kesehatan untuk Gaya Hidup yang Inovatif

6. Menyalahkan kamu karena sikap diamnya

Berikutnya, pasangan ini mungkin akan lebih suka menggunakan keheningan tersebut untuk membuat kamu merasa bersalah atas perilakunya, atau membuat kamu merasa pantas untuk menerima perlakuannya.

Bahkan mungkin dia akan sedikit lebih puas jika kamu merasa bersalah pada dirimu sendiri atas perilaku dia yang mendiamkanmu ini.

7. Memanipulasi melalui keheningan

Ciri-ciri selanjutnya adalah pasangan menggunakan diam sebagai alat untuk memanipulasi perilaku kamu. Ia dengan memaksa mempengaruhi keputusan kamu melalui diam agar sesuai dengan keinginannya.

BACA JUGA:Dari 1.854 Peserta Sempat Dinyatakan TMS, 921 Pelamar CPNS Seluma Akhirnya Dinyatakan Lulus Administrasi

8. Mengabaikan secara virtual

Bukan hanya pengabaian langsung, tapi pasangan ini juga biasanya akan mengabaikanmu secara virtual. Pasangan mungkin tidak membalas chat selama berjam-jam, atau menolak menjawab panggilan telepon darimu.

9. Mempengaruhimu secara psikologis

Perilaku ini berdampak negatif pada suasana hati dan kesejahteraan psikologis penerima perilaku. Misalnya, membuat kamu merasa terisolasi, cemas, dan bingung.

Nah, jika kamu sudah mengetahui apa saja ciri-ciri dari pasangan yang memiliki kecenderungan silent treatment, baiknya kamu juga harus mengetahui bagaimana cara menghadapinya.

BACA JUGA:Pendaftaran Seleksi PPPK 2024 Dibuka Awal Oktober, Pahami Panduan Cara Membuat Akun SSCASN

Dampak yang Dialami Pelaku

Namun sebelum mengethaui cara menghadapinya, kamu juga harus paham terlebih dahulu mengenai apa saja dampak dari silent treatment seperti berikut ini:

Kategori :