5 Dampak Serius Silent Treatment dalam Hubungan, Nomor Dua Jarang Disadari

Minggu 29-09-2024,11:19 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - 5 dampak serius silent treatment dalam hubungan, nomor dua jarang disadari.

Saat dalam kondisi marah orang-orang dapat mengekspresikannya dengan berbagai macam cara.
Salah satu cara yang sering dilakukan adalah perlakuan diam atau sering disebut sebagai silent treatment.

BACA JUGA:Banyak yang Tanya, Apa itu Silent Treatment? Kenali Ciri-cirinya

Namun, silent treatment adalah salah satu sifat yang harus dihindari dalam sebuah bubungan. Sebab, orang yang cenderung memiliki sikap dan sifat seperti ini tak jarang akan membahayakan perasaan serta mental pasangannya.

Untuk informasi, silent treatment adalah tindakan di mana seseorang menghindari konflik atau menghukum pasangan dengan tidak berbicara atau mengabaikannya.

Menurut Psychology Today, perlakuan diam ini bisa dialami pada anggota keluarga, teman, rekan kerja, atau dalam hubungan romantis. Ketika seseorang melakukan silent treatment artinya ia merasa marah, kesal, atau frustasi dalam hubungan.

BACA JUGA:Viral, Sopir Truk Vs Polantas Ribut-ribut di Jalan, Apa Pemicunya?

Dampak Silent Treatment pada Hubungan

Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini adalah penjelasan mengenai dampak silent treatment pada sebuah hubungan yang harus diwaspadai:

1. Komunikasi yang Buruk

Dampak silent treatment dalam hubungan yang pertama dalah dapat menyebabkan komunikasi yang buruk. Pihak yang menjadi korban silent treatment sungguh akan merasa kesulitan untuk memahami apa yang sebenarnya terjadi pada lawannya tersebut.

2. Tidak Percaya Diri

Selanjutnya, dampak buruk silent treatment juga dapat merusak harga diri dan kepercayaan diri. Saat diabaikan, pasangan yang menjadi korban mungkin cenderung akan merasa dirinya tidak berharga dan juga tidak penting.

Perilaku ini juga memperkuat perasaan bahwa seseorang yang kita sayangi tidak ingin berhubungan lagi dengannya.

BACA JUGA:Daftar Blender Murah Tahun 2024 dengan Kualitas Gak Murahan

3. Menyebabkan Stres

Dampak silent treatment pada pasangan juga dapat dirasakan secara emosional, yang mana dapat menyebabkan pasangan yang menjadi korban silent treatment merasa stres.

Korban akan merasa bingung dan bertanya-tanya tentang kesalahan apa yang telah diperbuatnya sehingga pasangan memilih untuk tidak berbicara.

Bahkan, tida sedikit silent treatment juga dapat menyebabkan seringnya terjadi kesalahpahaman, sehingga menjadi pemicu terjadinya perdebatan dan saling menyalahkan antara satu sama lain.

Kategori :