5 Dampak Serius Silent Treatment dalam Hubungan, Nomor Dua Jarang Disadari

Minggu 29-09-2024,11:19 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

BACA JUGA:Daftar Blender Murah Tahun 2024 dengan Kualitas Gak Murahan

4. Meningkatkan Konflik

Selanjutnya, silent treatment bahkan dapat meningkatkan konflik dalam sebuah hubungan.

Meski kebanyakan orang melakukan silent treatment supaya tidak terlihat kasar kepada pasangannya, namun tindakan ini sesungguhnya sangat kasar dan tidak akan dapat menyelesaikan masalah.

Efek buruk dapat terjadi karena pelaku dan korban sulit memahami satu sama lain karena pola komunikasi yang lebih banyak diam.

BACA JUGA:Gelar Aksi Protes, Seorang Pria Buang Sampah di Depan Kantor Bupati

5. Memperburuk Hubungan

Dampak dari silent treatment juga dapat memperburuk hubungan yang dijalani. Silent treatment bisa menurunkan kepercayaan, mengurangi keintiman, dan membuat pasangan menjadi tidak bahagia dalam menjalankan hubungan.

Pada jangka panjang, model komunikasi ini bisa membuat hubungan menjadi semakin buruk. Karena pasangan yang terlibat cenderung mengulangi pola yang sama dan mengakibatkan hubungan semakin retak.

Sementara itu, silent treatment tidak serta merta hanya memberikan dampak negatif untuk sebuah hubungan dan membahayakan perasaan dari pasangan saja.

BACA JUGA:Banyak yang Tanya, Apa itu Silent Treatment? Kenali Ciri-cirinya

Dampak positif Silent Treatment

Diketahui, ada juga beberapa hal positif yang bisa diambil dari sikap mendiamkan pasangan seperti ini. Berikut adalah beberapa sisi positif silent treatment saat marah:

1. Meredakan emosi

Pertama, silent treatment dipercaya dapat meredahkan emosi, melakukan silent treatment saat amarah yang sedang memuncak dapat membantu individu untuk mengontrol emosinya.

Diam dapat memberikan ruang dan waktu bagi individu untuk menenangkan diri dan mengevaluasi reaksi apa yang akan diambil. Diam juga dapat menghindari tindakan impulsif sebagai reaksi kemarahan yang justru dapat memperburuk keadaan.

BACA JUGA:Daftar Blender Murah Tahun 2024 dengan Kualitas Gak Murahan

2. Menetapkan Batasan

Berikutnya, silent treatment dapat membantu individu menetapkan batasan dalam sebuah hubungan. Ketika salah satu pihak secara terus-menerus menyakiti dan tidak menghormati kita, menarik diri dan menghindari orang tersebut adalah hal yang tepat untuk dilakukan.

Kategori :