Butuh Dana Darurat tapi Pinjaman Online Ditolak? Ternyata Ini Penyebabnya Ditolak

Selasa 01-10-2024,19:36 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Purnama Sakti

Salah satu proses verifikasi pengajuan pinjaman adalah mengecek kemampuan membayar. Dan apabila kamu masih memiliki banyak pinjaman lain, maka itu bisa menjadi alasan kenapa pinjaman kamu ditolak. Lunasi terlebih dahulu pinjaman kamu, agar dapat mengajukan pinjaman kembali.

4. Pengajuan pinjaman terlalu besar.

Pengajuan pinjaman yang terlalu besar menjadi penyebab pinjaman ditolak. Trik agar pinjaman kamu di acc adalah dengan mengajukan pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kamu dalam membayar pinjaman.

BACA JUGA:Prediksi Starting Line-Up Timnas Indonesia Vs Bahrain-China di Kualifikasi Piala Dunia 2026

5. Pekerjaan tidak tetap dan pendapatan tidak stabil.

Stabilitas pekerjaan maupun pendapatan calon peminjam menjadi tolak ukur penyedia jasa fintech pendanaan. Dengan kondisi tersebut, artinya kamu akan membayar pinjaman tepat waktu dan tanpa masalah ke depannya.

Syarat Pinjaman Online

Nah, agar pinjaman bisa di ACC dan uang langsung cair ditangan, berikut ini beberapa syarat pinjaman online yang biasanya ditetapkan oleh lembaga keuangan:

BACA JUGA:Aksi Kejar-kejaran Pemotor Wanita dengan Mobil Komplotan Ganjal ATM, 1 Pelaku Ditangkap!

1. Warga Negara Indonesia

Penetapan status kewarganegaraan sebagai salah satu syarat pinjaman online yang wajib dipenuhi ini bertujuan untuk melindungi masyarakat dari risiko pinjaman online ilegal yang banyak beredar di internet. Dalam hal ini, pinjaman online hanya dapat diajukan oleh warga negara Indonesia (WNI).

Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK.01/2016 menetapkan bahwa lembaga keuangan yang menyediakan pinjaman hanya boleh melayani WNI yang berdomisili di Indonesia. 

2. Cukup umur

Syarat pinjaman online yang kedua yaitu cukup umur. Secara umum, usia minimal yang diperbolehkan untuk mengajukan pinjaman online adalah 21 tahun ke atas. 

BACA JUGA: Harga Terbaru Daihatsu Sigra 2024 Semua Tipe, Apa Saja Fitur Modern dan Canggihnya

Namun, ada juga beberapa lembaga keuangan yang menetapkan batas usia minimal 18 tahun sebagai syarat pinjaman online.

Lembaga keuangan menetapkan usia sebagai salah satu syarat pinjaman online dengan tujuan untuk mengurangi risiko kredit macet dan memastikan bahwa calon nasabah mampu bertanggung jawab atas pinjamannya.

Kategori :