Hari Pertama Dilantik, Sultan B Najamudin Penuhi Janji Kampanye, Jadi Ketua DPD RI

Rabu 02-10-2024,07:25 WIB
Reporter : Septi Widiyarti
Editor : Purnama Sakti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Usai sudah proses pemilihan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI. Sultan B Najamudin yang berasal dari Dapil Provinsi Bengkulu, terpilih sebagai Ketua DPD RI yang baru.

Sultan telah memenuhi satu janji politiknya kepada masyarakat Bengkulu ketika berkampanye dulu. Saat dalam proses pemilihan DPD beberapa bulan lalu, salah satu wacana yang diangkat Sultan B Najamudin adalah ‘Orang Bengkulu Jadi Ketua DPD’. 

Kini, janji itu telah dipenuhi Sultan. Tentu saja terpilihnya Sultan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Bengkulu. Provinsi kecil di Pulau Sumatera ini ternyata mampu mendudukan salah satu putranya di kursi ketua di lembaga negara. 

BACA JUGA:3 Kelemahan China yang Bisa Dimanfaatkan Timnas Indonesia saat Laga Kualifikasi Piala Dunia 2026, STY PD Menan

Sultan terpilih sebagai Ketua DPD RI setelah mengalahkan La Nyalla Mattalitti melalui proses voting.  

Voting diikuti 151 Anggota DPD RI yang baru dilantik. Namun berdasarkan penghitungan, hanya sebanyak 150 suara yang ada dalam kotak suara yang telah tercoblos.

Walaupun demikian, peserta sidang pemilihan itu meminta agar pimpinan sidang langsung melanjutkan penghitungan suara. Penghitungan surat suara pun dibacakan oleh Wakil Ketua sementara DPD RI Larasati Moriska. 

Mekanisme Pemilihan Pimpinan DPD RI itu menggunakan sistem paket berdasarkan Tata Tertib DPD RI. 

BACA JUGA:Banyak yang Belum Tahu! Ini 7 Penyebab Pinjaman KUR Ditolak, Buruan Cek

Adapun Sultan terpilih dengan paket pimpinan bersama tiga Wakil Ketua DPD RI yakni Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, Yorrys Raweyai dan Tamsil Linrung. 

Sedangkan paket pimpinan yang tidak terpilih yakni La Nyalla Mattalitti sebagai calon Ketua DPD RI, serta tiga calon Wakil Ketua DPD RI yakni Nono Sampono, Elviana dan Andi Muh Ihsan. 

Selanjutnya, Sultan yang telah terpilih itu secara resmi akan mengemban tugas sebagai pimpinan senator. 

Dalam penyampaian visi dan misinya, Sultan pun mengatakan akan membawa kebaruan dan inklusivitas dalam lembaga DPD RI untuk menyambut Indonesia Emas 2045. 

Kategori :