5 Tips Memilih Produk Investasi yang Aman dan Menguntungkan

Jumat 04-10-2024,05:22 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - 5 tips memilih produk investasi yang aman dan menguntungkan.

Tertarik berinvestasi tapi masih bingung gimana cara memilih produk investasi yang aman dan tentunya menguntungkan? Nah sahabat Camkoha wajib membaca artikel ini hingga tuntas!

BACA JUGA:Jenis Investasi yang Cocok untuk Keluarga, Mulai dari Mata Uang Keripto Hingga Deposito, Mana Pilihanmu?

Untuk informasi, investasi, penanaman modal, atau pelaburan adalah suatu kegiatan menanamkan modal, langsung maupun tidak langsung dengan harapan di kemudian hari pemilik modal akan memperoleh manfaat tertentu dari hasil penanaman modalnya.

Namun, sebelum melakukan investasi baik ketahui terlebih dahulu mengenai seluk beluk investasi termasuk tips memilih produknya yang aman dan menguntungkan dilansir dari beberapa sumber berikut ini.

BACA JUGA:Pahami, Begini Panduan Mengatur Portofolio Investasi agar Menguntungkan

1. Memahami Mindset Investasi Sebagai Pemula

Sebelum memulai investasi, sahabat Camkoha harus terlebih dahulu memahami tujuan dari aktivitas investasi tersebut. Setiap orang memiliki tujuan investasi yang berbeda-beda dan ini nantinya akan berpengaruh pada keputusan dalam memilih jenis-jenis investasi. 

Walaupun berbeda, pada dasarnya ada 3 tujuan utama dalam berinvestasi seperti safety, income dan growth.

- Safety

Tidak ada investor yang ingin merugi, karena itu faktor keamanan sangat penting dalam keputusan memilih jenis- jenis investasi. 

Jika tujuan utama sahabat Camkoha berinvestasi lebih untuk menjamin keamanan masa depan, maka idealnya jenis-jenis investasi yang dipilih nantinya yang memang nilai risikonya sangat rendah atau dijamin pengembaliannya oleh pemerintah.

- Income

Investor yang punya tujuan mendapatkan ekstra penghasilan melalui investasi idealnya memilih jenis-jenis investasi yang sifatnya stabil. 

Daya tahan risiko juga harus ditingkatkan supaya hasil investasi bisa berjalan mengimbangi inflasi, misalnya kombinasi antara reksa dana, saham berdeviden, atau deposito dalam susunan portofolio investasi.

Kategori :